nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reuni 212 Bubar, Ribuan Jamaah Banjiri Masjid Istiqlal

Hambali, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 13:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 02 338 1985725 reuni-212-bubar-ribuan-jamaah-banjiri-masjid-istiqlal-vO9K9Gp9sx.jpg Ribuan Peserta Reuni 212 Banjiri Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (foto: Hambali/Okezone)

JAKARTA- Acara reuni 212 yang berlangsung di Monas sejak Minggu (2/12/2018) pagi, telah usai. Massa dengan tertib berangsur meninggalkan lokasi, sebagiannya ada yang memilih mampir ke Masjid Istiqlal guna menunaikan Salat Dzuhur lebih dulu.

Pantauan di lokasi, ribuan massa memenuhi pelataran dan bagian dalam Masjid Istiqlal. Umumnya mereka berasal dari luar Jakarta, bahkan tak sedikit pula jamaah dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

(Baca Juga: Ada Reuni Aksi 212, Pengguna KRL Melonjak 10 Kali Lipat)

Peserta Aksi Reuni 212 Banjiri Masjid Istiqlal, Jakarta (foto: Hambali/Okezone)	Peserta Aksi Reuni 212 Banjiri Masjid Istiqlal, Jakarta (foto: Hambali/Okezone)

"Kita istirahat dulu di Istiqlal, sekalian salat. Nanti sore baru pulang ke Brebes (Jawa Tengah)," ucap Nasai Ahmad Hufron, peserta reuni 212 kepada Okezone.

Seusai melaksanakan Salat Dzuhur, mereka berkumpul sesuai kelompok masing-masing. Kebanyakan mereka yang berasal dari Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi melanjutkan perjalanan pulang menggunakan jasa kereta api, tapi ada juga yang menyewa bus dan jemputan lainnya.

"Kita rombongan naik bus, bareng santri-santri juga dari sana," kata Ismail (33), peserta reuni 212 asal Pemalang, Jawa Tengah.

(Baca Juga: Dari Arab Saudi, Habib Rizieq Berpesan ke Massa 212 Jaga Perdamaian)

Peserta Aksi Reuni 212 Banjiri Masjid Istiqlal, Jakarta (foto: Hambali/Okezone)Peserta Aksi Reuni 212 Banjiri Masjid Istiqlal, Jakarta (foto: Hambali/Okezone)

Peserta reuni 212 diprediksi mencapai ratusan ribu. Massa 212 membludak beberapa kilometer sebelum lokasi panggung utama berada di dalam Monas. Jumlah itu terus bertambah, mengingat banyak titik menuju lapangan Monas yang sudah padat dan tak bisa di lalui kendaraan maupun pejalan kaki.

Sayangnya, dalam aksi masih terlihat para peserta menyertai anak-anaknya yang masih kecil, bahkan ada yang sambil menyusui. Cuaca terik, diperparah lagi dengan padatnya lautan manusia membuat beberapa peserta jatuh pingsan dan dilarikan ke rumah sakit oleh ambulans yang disediakan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini