nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Terbitkan SIM D bagi Penyandang Disabilitas

Wijayakusuma, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 17:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 03 338 1986259 polisi-terbitkan-sim-d-bagi-penyandang-disabilitas-tl2UVjS6wx.jpg (Foto: Wijaya/Okezone)

BEKASI - Berbagai pelayanan terbaru disediakan bagi para penyandang disabilitas di puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018, yang digelar di Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat. Salah satunya, yaitu penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) tipe D untuk penyandang difabel yang mahir berkendara dan ingin memiliki SIM.

Banyak dari peserta yang terlihat antri mendaftar untuk penerbitan SIM tipe D yang dihadirkan di stan milik Satlantas Polda Metro Jaya itu. Para peserta yang berasal dari berbagai daerah, diwajibkan mengikuti sejumlah proses, mulai dari pengisian formulir, tes berkendara, ujian teori, dan tes kesehatan mata.

(Baca juga: Penyandang Disabilitas Jangan Merasa Jadi Warga Kelas Dua)

Dari sekian banyak pemohon SIM, beberapa di antaranya nampak sangat mahir dalam tes berkendara dengan dipandu sejumlah instruktur Satlantas Polda Metro Jaya.

"Prosesnya saya rasa mudah ya, tidak terlalu ribet. Petugas instrukturnya juga cukup ramah dan sabar saat melayani. Ya cukup puas lah," kata Budi Santoso, peserta asal Bogor, Senin (3/12/2018).

(Baca Juga: Bertemu Jokowi, Adul sang Bocah Difabel Bilang Ingin Jadi Pemadam Kebakaran)

Untuk pembuatan SIM type D ini, peserta hanya dikenakan biaya sebesar Rp75ribu oleh pihak panitia. Harga tersebut dinilai sangat terjangkau dan tidak sampai membebani para pemohon SIM.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyempatkan diri hadir di puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018 tersebut. Beberapa Menteri Kabinet Kerja juga turut mendampingi Jokowi di hari kedua pagelaran khusus untuk penyandang disabilitas itu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini