4 Fakta Penemuan E-KTP Dalam Karung di Pondok Kopi

Gimas Siskamayanti, Okezone · Minggu 09 Desember 2018 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 09 338 1988816 4-fakta-penemuan-sekarung-e-ktp-di-pondok-kopi-QKAcY8NquM.jpg E-KTP dalam karung (Ist)

JAKARTA – Sekarung KTP elektronik atau E-KTP ditemukan sekelompok anak kecil di area pesawahan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Sabtu, 8 Desember 2018, siang. Temuan E-KTP ini sontak menghebohkan publik.

Dari hal itu, Okezone merangkum 4 fakta terkait temuan sekarung sekarung E-KTP oleh bocah di Duren Sawit, Minggu (9/12/2018), seperti berikut ini :

1. E-KTP Ditemukan Lengkap dengan Identitas Pemiliknya

Kapolsek Duren Sawit, Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan, penemuan e-KTP yang tercecer itu bukan blangko, melainkan KTP yang sudah ada nama pemiliknya. Dalam E-KTP, tertera identitas lengkap pemiliknya, mulai dari nama hingga alamat.

"Bukan blangko, tapi (KTP) yang sudah ada nama jelas pemiliknya. Jatuh tercecer. Kalau blangko kan enggak ada identitas. Kalau ini semua lengkap, nama, alamat, jelas," kata Parlindungan.

2. Ditemukan Anak Kecil

Ketua RW 11, Ipin menjelaskan, kartu identitas dari WNI itu ditemukan oleh sekelompok anak kecil. Mereka tidak mengetahui kalau benda yang dipegang merupakan e-KTP. Mereka pun sempat menjadikan E-KTP itu sebagai alat untuk bermain.

E-KTP Dalam Karung (Ist)

"Iya benar itu anak kecil yang menemukan pertama. Dibuat mainan sama mereka. Ya maklum kan enggak tahu juga. Namanya bocah," kata Ipin.

3. Mayoritas E-KTP Milik Warga Pondok Kelapa

Kepala Dinas Pendudukan dan Kependudukan DKI Jakarta, Dhanny Sukma mengatakan, E-KTP dalam karung itu merupakan milik warga Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Sementara di Pondok Kelapa, hampir seluruhnya," kata Dhanny

Saat ini, lanjutnya, pihaknya masih menghitung jumlah pasti dari KTP elektronik tersebut. Ia memperkirakan totalnya sekiran ratusan keping, namun ia belum bisa memastikannya.

"Belum ini lagi berjalan, paling itu ratusan," ujarnya.

(Baca Juga : Ribuan E-KTP Ditemukan di Pondok Kopi, DPR: Ini Sabotase atau Keteledoran?)

4. Penemuan E-KTP Diserahkan ke Polisi

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, meminta kepada aparat kepolisian untuk mencari tahu asal-muasal ribuan e-KTP yang ditemukan.

"Laporkan saja kepada para penegak hukum karena ini problemnya sudah masuk pada kelalaian ranah hukum," kata Anies.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi di internal Dukcapil DKI Jakarta apabila KTP itu benar atas nama warga Ibu Kota.

"Dari sisi kami akan review kalau ada dokumen Jakarta. Nanti kita akan review internal kita," jelasnya.

(Baca Juga : Sekarung E-KTP Ditemukan di Pondok Kopi, Deddy Mizwar: Kemarin di Pilgub Jabar Juga Ada)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini