Share

Sambil Tahan Tangis, Emil Dardak Lepas Sang Adik ke Peristirahatan Terakhir

Witri Nasuha, Okezone · Kamis 13 Desember 2018 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 13 338 1990838 sambil-tahan-tangis-emil-dardak-lepas-sang-adik-ke-peristirahatan-terakhir-Fcc2CisX1h.jpg

JAKARTA - Kepergian Eril Arioristanto Dardak meninggalkan luka mendalam bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Hal ini terlihat saat prosesi pemakaman berlangsung di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada Kamis (13/12/2018).

Suasana pilu begitu terasa saat jenazah mulai diturunkan ke liang lahat. Derai air mata sang ibunda pun terlintas seakan tak kuasa melepas kepergian anak tercintanya. Sang ibunda pun terlihat memalingkan wajahnya, mencoba menyembunyikan raut sedihnya di balik bingkai foto almarhum yang dibawanya sejak awal. Tak hanya Ibunda, hal serupa juga dirasakan oleh keluarga dan kerabat lainnya yang ikut mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Seperti halnya yang dirasakan oleh Emil Dardak selaku kakak kandung Almarhum. Saat prosesi pemakaman selesai dilaksanakan, Wakil Gubernur Jawa Timur itu sedikit menceritakan tentang mendiang adiknya. Emil mencerikan, saat lahir, ia lah yang mengazaninya, kini saat adiknya berpulang, ia juga yang mengazaninya.

Dengan menahan tangis, Emil sebagai perwakilan keluarga pun mengutarakan permohonan maaf atas kesalahan almarhum semasa hidupnya.

"Ananda Eril, tepat di makam kamu, saya ucapkan terima kasih, maaf belum sempat saya sampaikan sebelumnya," ujarnya seraya menahan sesak tangis.

Sebelum kepergian almarhum, Emil mengaku tidak ada tanda-tanda yang mengarah kepada kepergian sang adik untuk selamanya. Ia mengaku, bahkan akan merancanakan liburan akhir tahun bersama almarhum setelah sang adik melaksanakan ujian akhir perkuliahannnya.

(Baca Juga: Adik Emil Dardak Dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Suasana Haru Menyelimuti)

"Pesan terakhir tidak ada, adanya rencana terakhir. Rencana terakhir kita akan ketemuan di Tranggalek dalam waktu yaang agak lama saat Tahun Baru nanti setelah Eril selesai ujian. Itu saya WA terakhir tanya kapan selesai ujian tapi tidak dijawab," ujarnya kepada Okezone saat ditemui di TPU Tanah Kusir.

Bagi Emil, almarhum merupakan sosok yang mudah bergaul dan memiliki banyak pengalaman, salah satunya pernah mengadakan audiensi bersama Presiden Ukraina di masa hidupnya.

"Ananda Eril adalah seorang mahasiswa yang memikiki banyak teman sejak dulu, sejak duduk di bangku SD hingga sekarang di bangku perkuliahan. Seorang Eril pernah audiensi langsung dengan Presiden Ukraina di masa hidupnya," ujar Emil.

Kepergian almarhum jelas meninggalkan luka mendalam bagi Emil dan keluarga. Di masa hidupnya, Emil mengaku banyak hal yang tak terlupakan dari sosok almarhum. Salah satunya, ialah wajah almarhum yang mirip dengannya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini