nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Pawai Persija, Penumpang KA Jarak Jauh Bisa Naik dari Stasiun Jatinegara

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 10:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 15 338 1991644 dampak-pawai-persija-penumpang-ka-jarak-jauh-bisa-naik-dari-stasiun-jatinegara-KhvyisTW4v.jpg Ilustrasi penumpang kereta jarak jauh. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Pawai klub sepakbola Persija yang menjadi kampiun Liga I Indonesia Tahun 2018 berpontensi menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan Ibu Kota. Pawai tersebut dimulai dari Kompeks Gelora Bung Karno (GBK) dan akan berakhir di Balai Kota DKI Jakarta, sehingga Stasiun Gambir yang terletak di sekitar area itu juga berpotensi terkena imbasnya.

Diprediksi, para penumpang kereta api (KA) jarak jauh akan kesulitan menuju Stasiun Gambir, apalagi dengan adanya rencana rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut untuk mengurai kemacetan.

(Baca juga: Pawai Persija Dimulai, Massa Menuju Balai Kota DKI)

Mengantisipasi hal tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan kebijakan rekayasa pola operasi yang dinamakan berhenti luar biasa (BLB). Rekayasa ini akan dilakukan pada hari ini mulai pukul 08.00 sampai 14.05 WIB.

Berlaku mulai keberangkatan KA 10 (Argo Dwipangga) sampai KA PLB 7096 (Argo Parahyangan Tambahan). Keseluruhan, ada 12 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan mengalami rekayasa pola operasi pemberangkatan.

Pawai kemenangan Persija. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

Inti dari rekayasa pola operasi tersebut yakni sejumlah KA keberangkatan Stasiun Gambir akan diberhentikan di Stasiun Jatinegara.

(Baca juga: Dishub DKI Kerahkan 300 Personel Kawal Pawai Persija)

"Jadi bagi penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir karena terkena imbas kemacetan, memiliki alternatif untuk naik dari Stasiun Jatinegara. Di mana normalnya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara," ungkap Edy Kuswoyo, senior manager humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

PT KAI pun mengimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. "Kita juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tambahnya.

Berikut ini daftar kereta api yang terdampak rekayasa pola operasi pemberangkatan pada Sabtu 15 Desember 2018:

KA terdampak pawai Persija. (Foto: Ist)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini