nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Pawai Persija: Kolam Balkot Ditutup hingga Janji Anies Bangun Stadion

Witri Nasuha, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 15 338 1991755 fakta-pawai-persija-kolam-balkot-ditutup-hingga-janji-anies-bangun-stadion-Ujjj9IlQ7J.jpg Pawai Persija juara Liga I 2018 di Jalan Sudirman. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA – Anggota klub sepakbola Persija bersama suporter The Jakmania hari ini menggelar pawai perayaan setelah menjuarai Liga I Indonesia 2018. Perayaan dimulai dari Kompeks Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan menuju Balai Kota DKI Jakarta.

Konvoi besar-besaran pun mereka lakukan. Segenap ofisial Persija bersama The Jakmania kompak meramaikan jalanan Ibu Kota. Kostum berwarna oranye dan bendera Persija juga menghiasi sejumlah lokasi sejak Sabtu pagi.

Pawai kemenangan Persija. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

Berikut ini fakta-fakta terkait pawai kemenangan Persija, sebagaimana Okezone rangkum, Sabtu (15/12/2018):

1. Transjakarta sumbang satu bus tingkat

Dalam pawai kemenangan Persija ini PT Transjakarta menyumbang satu bus tingkat guna turut memeriahkan acara. Bus tersebut digunakan oleh para pemain dan ofisial klub Persija.

Direktur Operasi Transjakarta Daud Joseph mengatakan, bagian atap bus yang disediakan memang didesain khusus untuk pawai. Dengan menjadikan atap bus terbuka, nantinya angkutan ini mampu menampung sebanyak 34 orang, dan di atasnya dapat diisi 15 orang.

Pemberian fasilitas ini sebagai bentuk dukungan dan apresiasi PT Transjakarta atas prestasi yang diraih Tim Macan Kemayoran –julukan Persija.

2. Sebanyak 300 personel Dishub kawal pawai Persija

Sebanyak 300 personel diturunkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta dalam pawai perayaan kemenangan Persija hari ini. Ada 30 personel bertugas mengawal iring-iringan The Jakmania dan mengamankan jalur yang dilintasi. Sedangkan sisanya mengawasi titik-titik tertentu.

Kepala Seksi Penegakan Hukum Dishub DKI Jakarta August Fabian menjelaskan pihaknya bersama kepolisian menyekat beberapa ruas, seperti Jalan Asia-Afrika, Gatot Subroto, dan Gerbang Pemuda, untuk membersihkan jalur konvoi dari masyarakat umum.

Begitu pula yang dilakukan oleh personel Satuan Pamong Praja (Satpol PP). Sebanyak 1.000 personel dikerahkan untuk memberikan pengamanan di GBK hingga Balkot DKI. Tak hanya itu, pengamanan juga dilakukan di kawasan Patung Kuda dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

3. Kolam Balai Kota DKI ditutup

Saat acara puncak pawai kemenangan Persija, kolam di lingkungan Balai Kota DKI Jakarta ditutup. Langkah ini untuk mencegah The Jakmania menceburkan diri ke kolam.

Seperti halnya yang dilakukan mereka di Bundaran Hotel Indonesia. Mereka secara bersama-sama menceburkan diri dan berenang ke kolam Bundaran HI sebagai wujud nazar atas kemenangan klub kebanggan Ibu Kota tersebut.

4. Diikuti sekira 150 ribu pendukung

Sekira 150 ribu pendukung mengikuti pawai kemenangan Persija pada hari ini. The Jakmania tidak hanya datang dari Jakarta, melainkan berbagai penjuru Ibu Kota.

Massa pendukung Skuat Macan Kemayoran ini tampak menghiasi depan Balkot DKI dengan mengenakan pakaian serba-oranye dan membawa bendera kebanggaan yang disertai nyanyian lagu kemenangan untuk Persija.

Pawai kemenangan Persija. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

5. The Jakmania hanya boleh di depan Balkot DKI

Puncak pawai Persija dilangsungkan di Balai Kota DKI Jakarta. Kantor Gubernur Anies Rasyid Baswedan ini pun dipadati ribuan The Jakmania.

Pemprov DKI memasang dua layar besar untuk para pendukung guna menyaksikan perayaan kemenangan Persija. Pasalnya, hanya para pemain dan pihak manajemen Persija yang diizinkn masuk ke Gedung Balai Kota DKI.

Sedangkan The Jakmania hanya dapat melihat melalui layar besar yang telah dipasang persis di depan atau halaman Balai Kota DKI Jakarta.

Meski demikian, tidak menyurutkan antusias The Jakmania untuk tetap merayakan kemenangan Persija. Hal ini terlihat dari seruan nyanyian yel-yel Persija yang terdengar bersautan antar-pendukung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

6. Janji Anies bangun stadion

Sebagai bentuk apresiasi terhadap Persija, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan segera membangun sebuah stadion. Stadion ini bukan hanya untuk para pemain, melainkan juga pelatih hingga pendukung Persija. Hal ini disampaikan Anies saat memberikan sambutan di atas panggung.

Anies mengatakan kemenangan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, mulai pemain hingga pendukung . Ia berharap apa yang kini telah diraih Persija dapat dipertahankan dan ditingkatkan di kemudian hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini