nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalur Puncak Ditutup Total saat Perayaan Malam Tahun Baru

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 13:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 17 338 1992336 jalur-puncak-ditutup-total-saat-perayaan-malam-tahun-baru-AaGIGrOhLf.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Arus lalu lintas dikawasan Puncak, Jawa Barat akan ditutup total saat pelaksanaan Tahun Baru 2019 mendatang. Penutupan arus itu dimulai sejak tanggal 31 Desember 2018 malam.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombes Prahoro menyebut, untuk menghindari kemacetan yang terjadi di Puncak, pihaknya akan menerapkan sistem Car Free Night saat Tahun Baru. Mengingat, kawasan Puncak masih menjadi magnet masyarakat menghabiskan waktu berlibur.

"Tanggal 31 Desember jalur di Puncak- Gadog, dan Cianjur ditutup," kata Prahoro di Tol Cipali, Jawa Barat, Senin (17/12/2018).

(Baca juga: 90 Ribu Kendaraan Akan Melintas di Tol Cikampek saat Puncak Arus Libur Natal-Tahun Baru)

Penutupan jalur Puncak atau Car Free Night bukanlah strategi baru yang disiapkan kepolisian untuk mengantisipasi kemacetan ditempat wisata tersebut. Pasalnya, pada Tahun Baru 2018 lalu, hal serupa juga telah diterapkan.

 puncak

Nantinya, kata Prahoro, masyarakat yang hendak menghabiskan waktu di Puncak, bisa berjalan kaki dan menggunakan bus-bus yang disediakan pihaknya.

Prahoro menjelaskan, akibat penutupan jalan Puncak tersebut, pihaknya telah menyiapkan pengalihan arus untuk kendaraan bus, motor dan mobil. Pasalnya, personel kepolisian akan mengarahkan masyatakat yang nantinya hendak melewati jalur alternatif.

 (Baca juga: Puncak Arus Mudik Natal di Tol Cikampek Diprediksi Terjadi pada 22 Desember)

"Bahwa kendaraan malam tahun baru dialihkan melalui Jonggol sampai ke Cariu keluar di Cianjur. Kemudian, di Ciawi langsung ke Sukabumi," pungkasnya. (wal)

punca

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini