nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinas Dukcapil DKI Jakarta Beri Penjelasan soal E-KTP yang Tercecer

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 16:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 18 338 1992921 dinas-dukcapil-dki-jakarta-beri-penjelasan-soal-e-ktp-yang-tercecer-XZa1rhOimt.jpg Penemuan E-KTP dalam karung (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kadis Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma memberikan penjelasan mengenai KTP elektronik atau e-KTP yang beberapa lalu tercecer di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hal itu pun disampaikannya usai menggelar rapar bersama Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Dhany Sukma memaparkan bahwa KTP elektronik yang tercecer tersebut merupakan cetakan massal pertama pada tahun 2011 hingga 2013 yang dilakukan di kelurahan masing-masing, dan kemudian didistribusikan melalui vendor milik Kementerian Dalam Negeri.

"Tadi kita sudah jelaskan bahwa KTP elektronik yang tercecer merupakan cetakan pertama ketika perekaman massal ditahun 2011, 2012, dan 2013," ujar Dhany Sukma saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/12/2018).

"Seluruh aktivitas baik perekaman meskipun itu dilakukan di kelurahan masing-masing, kemudian dicetak dan distribusikan dilakukan melakui vendor yang ada di Kementerian Dalam Negeri," paparnya.

Baca Juga: Warga Duren Sawit Temukan Ribuan E-KTP di Dalam Karung

E-KTP

Persoalan pelaku yang bertanggung jawab atas tercecarnya e-KTP itu sampai saat ini masih diusut oleh pihak kepolisian. Oleh sebab itu, Dhany Sukma belum bisa memastikan pelaku dan sumber dari e-KTP tersebut.

"Kemudian yang ditemukan juga itu merupakan memang saat ini sedang bergulir di kepolisian, dan kita tunggu sajalah keputusannya. Itu yang mau dijawab itu kan pertama sumber dari KTP elektronik yang tercecer itu darimana," ungkap Dhany Sukma.

"Yang kedua adalah siapa pelakunya. Itu dua hal dulu yang mau dijawab. Setelah itu kejawab baru nanti kita ada runtutan yang lain berbicara masalah SOP, masalah mekanisme pemusnahan baru akan ketahuan kalau memang areanya adalah terkait dengan masalah KTP yang tercecer di Duren Sawit," tutupnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini