Anies Berencana Gelar Upacara 17 Agustus 2019 di Kawasan Bekas Pulau Reklamasi

Fadel Prayoga, Okezone · Minggu 23 Desember 2018 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 23 338 1995091 anies-berencana-gelar-upacara-17-agustus-2019-di-bekas-pulau-reklamasi-6OtUzy4wid.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Jalur 'Jalan Sehat dan Sepeda Santai' (Jalasena) dan Penanaman Pohon Bersama di Area Kawasan Pantai Kita dan Kawasan Pantai Maju, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Minggu (23/12/2018).

Beberapa waktu lalu, Anies Baswedan resmi menetapkan perubahan nama tiga pulau reklamasi. Pulau C menjadi Kawasan Pantai Kita, Pulau D menjadi Kawasan Pantai Maju, dan Pulau G menjadi Kawasan Pantai Bersama. Kini, pengelolaan ketiga pantai itu di bawah PT Jakarta Propertindo alias Jakpro.

Dalam sambutannya, Anies berharap pembangunan itu selesai pada bulan April atau Mei 2019 mendatang. Sehingga, Pemprov DKI dapat menggelar upacara 17 Agustus 2019 nanti di lokasi tersebut.

"Kita ingin 17 Agustus 2019 agar ini menjadi salah satu lusat perayaan. Itu artinya April atau Mei sudah selesai," ujarnya di lokasi.

Gubernur Anies

Baca Juga: Harapan Anies soal Sosok Pengganti Sandiaga Uno

Anies menyampaikan dirinya ingin kedepannya pantai tersebut dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Anies mengatakan pantai tersebut haruslah menjadi lokasi yang terbuka bagi seluruh warga DKI.

"Pesan utamanya pantai ini tak lagi tertutup, pantai ini tak lagi eksklusif, Pantai ini adalah pantai yang menjadi milik kita semua warga Jakarta," kata Anies.

Anies ingin warga Ibu Kota yang selama ini berada di tengah kota dan di tengah pulau, menjadi merasa memiliki pantai.

"Sunda Kelapa itu lah yang membuat cikal bakal kita ini dan dalam perkembanganya setelah 400 sekian tahun, makin hari kita makin menjauh dari pantai. bahkan semua infrastruktur utama di Jakarta, itu tak tersambungkan dengan laut," ujarnya.

Selain itu, Anies mengatakan, pembangunan di sekitar pantai ini sejalan dengan visi nasional yang digariskan Presiden Jokowi, yakni memfokuskan pembangunan kearah pantai. Anies berharap ini dapat menjadi babak baru pembangunan di Ibu kota.

"Bapak Presiden menggarisbawahi, kota sudah saatnya membangun dari pinggir. sudah saatnya kita menghadap ke arah laut. sudah saatnya kita menghadap ke arah sungai, itu visi nasional kita," tukasnya.

Gubernur Anies

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini