nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Dibantu Densus 88 Tangkal Terorisme saat Malam Tahun Baru

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 13:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 28 338 1997069 polda-metro-dibantu-densus-88-tangkal-terorisme-saat-malam-tahun-baru-DL1krGbzrz.jpg Irjen Idham Azis bersama jajaran Polda Metro Jaya. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah terkait pengamanan malam Tahun Baru 2019 dari aksi terorisme. Pihaknya juga dibantu Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror untuk menangani momen tersebut.

"Jajaran Polda Metro Jaya di-backup Densus 88 telah menyiapkan langkah-langkah pengamanan tahun baru, khususnya ancaman teror," kata Idham saat jumpa pers akhir tahun 2018 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

(Baca juga: 20 Ribu Polisi Jaga Perayaan Malam Tahun Baru)

Di sisi lain, kata dia, Polda Metro Jaya juga memiliki satuan tugas khusus untuk mengantisipasi teror di Ibu Kota dan sekitarnya. Satgas tersebut dipimpin Kapolres Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang kini sudah berganti nama menjadi Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Priok.

Densus 88 Antiteror. (Foto: Okezone)

"Kita sendiri di Polda Metro Jaya punya satgas khusus yang menangani masalah ancaman teror ini, baik dari sisi IT maupun dari sisi manual serta jaringan, dan satgasnya itu Kapolres Jakarta Utara (Kombes Reza Arief Dwinanto), komandan satgasnya Kapolres KP3 (AKBP Reynold Hutagalung)," ungkapnya.

(Baca juga: Polri Jaga Ketat 1.904 Lokasi Perayaan Tahun Baru 2019)

Sebelumnya Polda Metro Jaya menyiapkan 20 ribu personel untuk mengamankan malam Tahun Baru 2019. Ribuan personel itu nantinya disebar ke 15 titik yang menjadi lokasi perayaan.

"Saya mengerahkan 20 ribu personel untuk menjaga setidaknya 15 titik keramaian di mana saudara-saudara kita berkumpul untuk merayakan pergantian tahun," kata Idham.

Ia mengatakan, persiapan itu dilakukan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat yang memang sudah menjadi komitmen dari Polda Metro Jaya.

"Agar kita bisa memberikan jaminan kepada masyarakat Jakarta bahwa situasi kamtibmas di Jakarta dalam keadaan aman, tertib, dan terkendali. Demikian juga pada saat pelaksanaan malam tahun baru," ungkapnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini