nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puncak Arus Balik Liburan Panjang, Tol Cikampek Macet Parah

Inews, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 23:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 01 338 1998734 puncak-arus-balik-liburan-panjang-tol-cikampek-macet-parah-7QuncyXHPu.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Puncak arus balik libur panjang Natal dan tahun baru di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Kota Bekasi, Jawa Barat, mengalami kemacetan yang cukup panjang, Selasa (1/1/2019) malam.

Kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek ini mengular hingga 11 km yakni, mulai Km 19, Tambun Selatan hingga Km 8 tepatnya di Simpang Susun Cikunir. Kondisi ini terjadi lantaran banyaknya warga dari luar kota yang kembali menuju ke jabodetabek setelah menghabiskan waktu libur panjang Natal dan tahun baru.

Ribuan kendaraan yang didominasi mobil pribadi hanya bisa melaju dengan kecepatan antara 20-30 km per jam, bahkan tidak jarang laju kendaraan cenderung tidak bergerak. sedangkan di ruas tol dari arah Jakarta menuju Cikampek terpantau ramai lancar.

 macet

Diperkirakan kemacetan panjang ini terjadi hingga rabu (2/1/2019) dini hari. sebab, para pemudik lebih cenderung memilih pulang ke Jakarta usai berlibur ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur pada malam hari.

Kondisi yang sama juga terpantau di ruas Tol Purbaleunyi, Purwakarta. Ribuan kendaraan dari Bandung menuju Jakarta memadati ruas tol tepatnya di Km 79 daerah Maracang, Babakancikao. Membeludaknya kendaraan di jalur bebas hamabatan ini didominasi kendaraan pribadi berpelat B.

Kepadatan arus kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta ini terjadi di sepanjang ruas Tol Purbaleunyi hingga ke perbatasan Tol Cikampek. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya bus angkutan umum dan truk pengangkut barang.

 vv

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini