nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Tanggul Baswedan" Jebol, DKI Akan Buat Turap Permanen di Kali Pulo

Antara, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 15:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 14 338 2004240 tanggul-baswedan-jebol-dki-akan-buat-turap-permanen-di-kali-pulo-K6vsE8YH3D.jpg Petugas melakukan penanganan pasca-jebolnya Tanggul Baswedan, Jatipadang, Jakarta Selatan (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan (Jaksel) berencana membuat turap untuk menghalau air Kali Pulo, Jatipadang. Pembuatan turap menyusul jebolnya Tanggul Baswedan.

Kepala Sudin SDA Jakarta Selatan Holi Susanto mengatakan, pembuatan turap baru dapat dilakukan ketika tinggi air di Kali Pulo surut. "Jika sudah surut (tinggi permukaan air Kali Pulo) baru kita buat turap permanen," kata Holi seperti dikutip dari Antaranews.com, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Turap merupakan struktur dinding yang dibangun vertikal dan berfungsi menahan laju air dan menopang tanah. Sementara pasca-tanggul jebol pada Minggu 13 Januari malam, Sudin SDA memasang crucuk, berupa struktur tiang-tiang kayu Dolken untuk menahan laju air masuk ke pemukiman warga.

(Baca Juga: Permukaan Air Kali Pulo Masih Tinggi Pasca-Jebolnya "Tanggul Baswedan")

Di samping itu, sebanyak 20 jajaran Sudin SDA Jakarta Selatan bersama anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Jatipadang juga menimbun karung-karung pasir yang berfungsi sebagai penahan sementara.

Petugas evakuasi pasca-jebolnya Tanggul Baswedan

Seperti diketahui, Tanggul Baswedan yang menghalau air masuk pemukiman warga di Kelurahan Jatipadang jebol pada Minggu 13 Januari malam. Air setinggi 50-60 sentimeter mulai merendam RT 003 dan RT 004 di RW 006, Kelurahan Jatipadang pada 18.30 WIB.

Namun, pada pukul 05.10 WIB pagi tadi, banjir akibat tanggul jebol sudah surut kendati tinggi permukaan air Kali Pulo masih relatif tinggi. (Baca Juga: 643 Rumah di Bolaang Mongondow Utara Terendam Banjir hingga 1 Meter)

Tanggul di Kali Pulo sebelumnya sempat jebol pada 2017. Untuk mengatasi masalah itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan sempat berencana memperkuat tanggul dan memperlebar Kali Pulo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini