nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Supermoon, Selat Sunda Tetap Diimbau Waspada Tsunami

Anggun Tifani, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 15:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 21 338 2007319 fenomena-supermoon-selat-sunda-tetap-diimbau-waspada-tsunami-gxFFxSnRwg.jpg Ilustrasi Supermoon (Foto: Istimewa)

TANGERANG - Sebagian wilayah di Indonesia akan menghadapi fenomena supermoon. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tetap mengimbau agar wilayah Selat Sunda tetap waspada akan datangnya tsunami.

"Meskipun wilayah di sekitar Selat Sunda tidak termasuk dalam prakiraan peringatan gelombang tinggi akibat fenomena supermoon, akan tetapi masyarakat harus selalu waspada terhadap perubahan alam cuaca ekstrim," ujar Kepala BMKG Kota Tangerang Teguh Rahayu saat dikonfirmasi Okezone, Senin (21/1/2018).

Baca Juga: Bandung Berawan, Warga Tak Bisa Saksikan Fenomena Supermoon

Supermoon

Namun begitu, Rahayu menyampaikan sebetulnya tidak ada keterkaitan antara tsunami dan supermoon. Menurutnya, supermoon berpengaruh terhadap gelombang pasang air laut dimana, hal tersebut berbeda dengan gelombang tsunami.

"Jadi dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan sebab akibat antara supermoon dan tsunami. Gelombang tsunami bersifat insidentil dan tidak kontinu tergantung dengan sebab terjadinya baik itu gempabumi, longsoran bawah laut atau longsoran gunung berapi yang berada di laut," jelasnya.

Rahayu mengimbau agar masyarakat tetap waspada dalam mengantisipasi supermoon. "Masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG atau situs maritim BMKG, media sosial BMKG, dan aplikasi BMKG," ucapnya.

Sebagai informasi, supermoon adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Nantinya pada fenomena ini, dapat membuat bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang.

Pantai

Baca Juga: Sumur Ajaib Makin Ramai Dikunjungi Warga

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini