nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Banjir, Anies Bakal Bangun Sumur Resapan di Setiap Rumah di Ibu Kota

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 14:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 22 338 2007829 cegah-banjir-anies-bakal-bangun-sumur-resapan-di-setiap-rumah-di-ibu-kota-aw29zguZRz.JPG Anies Baswedan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mempersiapan anggaran untuk membangun drainase vertikal atau sumur resapan di setiap rumah warga Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pembangunan sumur resapan untuk mengantsipasi genangan air saat musim hujan.

"Kita melakukan penganjuran dan kita akan siapkan nantinya anggaran yang bisa digunakan oleh masyarakat membangun (sumur resapan) di kampung-kampung," katanya kepada wartawan, Selasa (22/1/2019).

Pakai Jersey Persija, Gubernur Anies Hadiri Peletakan Batu Pertama Jalur Jalasena

Mantan Mendikbud itu meyakini, sumur resapan di setiap rumah akan mengatasi masalah banjir yang menghantui Ibu Kota.

(Baca juga: Hujan Deras, BPBD DKI Waspadai Ketinggian Air di Pasar Ikan)

"Drainase vertikal perlu dilakukan setiap rumah, jadi kan rumah kita rumah yang tidak mengeluarkan air hujan dari halaman. Kalau kita air hujannya dimasukkan ke dalam tanah di areal rumah kita sendiri maka kita bisa mengatakan pada diri kita bahwa ‘saya bukan termasuk yang menyumbang air banjir di Jakarta’," ujar Anies.

Namun Anies tidak menyebutkan berapa jumlah anggaran yang akan digelontorkan untuk proyek tersebut. "Cek ke dinas ya (besaran anggarannya), itu dari Dinas Perumahan, dari Dinas Perindustrian dan Energi sudah disiapkan," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini