Dampak Proyek LRT, MRT dan Tol Becakayu Bikin Genangan Air di Ibu Kota

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 25 Januari 2019 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 25 338 2009470 dampak-proyek-lrt-mrt-dan-tol-becakayu-bikin-genangan-air-di-ibu-kota-6w7t03yNeQ.jpg Genangan Air (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Teguh Hendrawan menyebut, genangan air yang terjadi di beberapa wilayah Ibu Kota disebabkan oleh adanya proyek pengerjaan MRT, LRT dan Tol Becakayu.

Ia menyesalkan sikap para pengembang yang kurang memperhatikan penyediaan lubang drainase, sehingga menyebabkan air hujan tak terserap secara maksimal.

"Jadi perlu dicatat juga salah satu penyebab genangan saat sekarang ini dengan pembangunan MRT, LRT dan Tol Becakayu," kata Teguh di Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Baca Juga: Pasca-Hujan, Berikut 7 Titik Genangan di Jakarta Siang Ini

Genangan Air

Tegung menuturkan, genangan yang disebabkan adanya pembangunan di beberapa wilayah di Ibu Kota akan menjadi fokus dari Pemprov DKI. Pihaknya akan melakukan pendataan titik mana saja yang selalu tergenang ketika terjadi hujan.

Setelah melakukan pemetaan, lanjut dia, pihaknya akan mengajak para kontraktor untuk duduk bersama mencari solusi dari masalah tersebut.

"Itu nanti yang akan kita bahas di Rapim gubernur supaya jadi perhatian mereka (kontraktor)," tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, setidaknya ada lima lokasi yang menjadi langganan terjadi genangan air. Namun, ia memperkirakan bakal bertambah karena hingga kini masih dilakukan penghitungan.

"Mt Haryono, Pancoran, Kelapa Gading Boulevard Raya yang ada LRT itu. Pembangunan becakayu yang segmen di Panjaitan, kawasan ITC Fatmawati," tuturnya.

Genangan Air

Baca Juga: 4 Ruangan SD di Bogor Rusak Imbas Curah Hujan Tinggi dan Material Buruk

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini