Lepas Burung Pipit saat Imlek, Anies Harap Jakarta Terbebas dari Kungkungan Masalah

Achmad Fardiansyah , Okezone · Selasa 05 Februari 2019 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 05 338 2014095 lepas-burung-pipit-saat-imlek-anies-harap-jakarta-terbebas-dari-kungkungan-masalah-S7C5ULn2Cm.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama putranya mendatangi kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Wihara Dharma Bhakti di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Anies turut melepas burung pipit, didampingi dua puteranya Mikail Azizi dan Ismail Hakim.

"Tradisi pelepasan burung ini sebagai simbol kebebasan dan harapan yang tinggi atas peningkatan kesejahteraan di wilayah Jakarta. Kami ingin memaknai peristiwa tersebut sebagai keterbebasan dari kungkungan permasalahan menuju kepada kesuksesan," kata Anies melalui akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Selasa (5/2/2019).

Anies mengaku setiap tahun selalu mengajak anak-anaknya untuk turut merayakan Imlek di wihara yang sudah berusia 460 tahun itu. Bahkan, hingga tahun ini sudah lima kali berturut-turut.

"Kami menyapa warga yang tengah melaksanakan ibadah sembahyang di awal tahun baru ini," katanya. (Baca Juga: Anies: Gong Xi Fa Cai)

Ilustrasi pelepasan burung pipit

Setiap tahun, sambung Anies, juga kerap mampir ke satu toko baju langganan dekat wihara dan membeli baju changshan khas Imlek untuk anaknya. Namun, kali ini, ia belanja baju untuk semua.

Imlek menjadi kesempatan bagi dirinya sebagai warga Jakarta untuk terus menguatkan persatuan. Sebab, itulah yang modal kebersamaan di Ibu Kota dan Indonesia.

"Semangat persatuan inilah yang harus kita jaga terus-menerus.⁣⁣ Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta dan warga Jakarta ingin menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2570. Semoga tahun baru ini membawa keberkahan dan kesuksesan kepada semuanya," katanya.

(Baca Juga: Datang ke Vihara Dharma Bhakti, Anies Disambut Ratusan PMKS

Menurut Pengelola Yayasan Dharma Bahkti, Gunawan Djayaputra, pelepasan burung pipit merupakan salah satu ritual penting dalam perayaan Imlek. Berdasarkan kepercayaan, pelepasan burung pipit simbol untuk menjauhkan nasib buruk atau biasa disebut "buang sial".

“Warga tradisional memandang itu sebagai buang sial,” ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini