nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasien DBD Meningkat, 4 Warga Kembali Masuk RSU Tangsel

Hambali, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 13:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 07 338 2014811 pasien-dbd-meningkat-4-warga-kembali-masuk-rsu-tangsel-0LMK34VuHw.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

TANGSEL - Jumlah korban yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat fluktuatif di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Hal itu berdasarkan data pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Tangsel hingga Kamis (7/2/2019).

"Jumlah pasiennya fluktuatif, kemarin sempat menurun, tapi hari ini bertambah," ujar Dokter Imbar Umar Gazali, Kepala Bidang Pelayanan Medis (Yanmed) RSU Tangsel kepada Okezone.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jumlah pasien yang menjalani perawatan hingga 6 Februari 2019 mencapai 12 orang. Sebanyak 5 pasien dirawat di ruang perawatan anak, sedangkan 7 lainnya di ruang IPD.

(Baca Juga: Pasien DBD di Kupang Tidak Dijamin BPJS)

Namun hari ini, jumlah itu bertambah 4 pasien baru. Sehingga total yang dirawat mencapai 16 orang. Rinciannya, 7 orang dirawat di ruang perawatan anak, dan 9 pasien di ruang IPD.

Ilustrasi penderita DBD 

Menurut Dokter Imbar, RSU terus bersiap meningkatkan pelayanan bagi pasien DBD. Meski memiliki keterbatasan kamar inap, namun apabila dibutuhkan karena kondisi mendesak maka perawatan bisa dilakukan di ruangan-ruangan lain atau pun selasar rumah sakit.

"Kita akan terus melayani, karena itu tugas utama kita. Jadi semua pasien yang berobat akan ditangani, nggak boleh ditolak," tuturnya.

(Baca Juga: 88 Kasus DBD Terjadi di Probolinggo, 1 Penderita Meninggal Dunia

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tangsel M Ramlie menuturkan, serangan nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus DBD melanda banyak wilayah di Indonesia. Tak terkecuali Kota Tangsel. Meski begitu, ia memuji kinerja Jumantik di 54 Kelurahan yang ada karena dinilai cukup optimal memotong mata rantai perkembangbiakan nyamuk DBD.

"Kalau nggak ada Jumantik, mungkin semua warga Pamulang sudah tepar (dirawat). Saat ini kan hanya beberapa saja yang dirawat," ujar Ramlie saat menghadiri Musrembang di Kantor Kelurahan Pondok Cabe Ilir.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini