nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vonis Richard Muljadi Ditunda karena Ketua Hakim Sakit

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 16:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 14 338 2017960 vonis-richard-muljadi-ditunda-karena-ketua-hakim-sakit-uCjCMWLd3l.jpg Richard Muljadi (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menunda sidang putusan dari terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba jenis Kokain, Richard Muljadi. Penundaan vonis itu lantaran Ketua Majelis Hakim berhalangan hadir lantaran sakit.

"Ketua Majelis Hakim sedang sakit. Dan jika Ketua Majelis Hakim berhalangan, maka penggantinya harus ada penetapan dulu dari Pengadilan Tinggi," kata Hakim Anggota Mery Taat Anggarasih di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (14/2/2019).

Mery menjelaskan, jika seorang anggota hakim atau yang lain ingin atau dapat menggantikan Ketua Majelis Hakim. Maka harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari tingkatan yang lebih tinggi yakni Pengadilan Tinggi.

"Kalau anggota memungkinan untuk menggantikan, tetap harus ada penetapan Pengadilan Tinggi, begitu ya pak Jaksa," tuturnya.

Baca Juga: Masih Diperiksa, Polisi Rehabilitasi Richard Muljadi di Dalam Penjara

Richard Muljadi

Oleh karena itu, sidang putusan terhadap terdakwa Richard Muljadi diundur menjadi minggu depan pada hari yang sama.

"Maka itu pembacaan putusan Hari Kamis yang akan datang tanggal 21 Februari 2019," ucap Mery.

Alhasil, pembacaan amar putusan Richard Muljadi ditunda. Padahal, dalam kesempatan ini, dia sudah hadir bersama dengan istrinya.

Dalam perkara ini, Jaksa menjatuhkan tuntutan hukuman pidana 1 tahun pidana dikurangi selama terdakwa berada di tahanan, dengan ketentuan tidak perlu menjalani sisa pidana yang dijatuhkan, namun menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

Richard Muljadi terbukti sebagai tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri yang diatur dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Richard Mul

Baca Juga: Bongkar Jaringan Narkoba Kampung Ambon, Polisi Tangkap 6 Pengedar

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini