APBD Diberikan ke Ormas, DPRD DKI: Mereka Tidak Punya Kompetensi Kelola Anggaran

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 15 Februari 2019 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 15 338 2018261 apbd-diberikan-ke-ormas-dprd-dki-mereka-tidak-punya-kompetensi-kelola-anggaran-XNwxJwqguc.jpg Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus mengatakan, rencana Pemprov DKI Jakarta mengucurkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) guna membenahi kampung-kampung kumuh, merupakan kebijakan tak tepat sasaran.

Bestari menyebut, kebijakan itu rawan terjadi penyelewengan anggaran. Sebab, mereka itu tak punya kompetensi untuk mengelola APBD secara baik.

(Baca Juga: DPRD Minta Pemprov DKI Kaji Ulang Dana Pembangunan pada Masyarakat) 

"Kompetensi orang diberikan dana itu kan harus ada kompetensi," kata Bestari saat dihubungi, Jumat (15/2/2019). 

Menurut dia, lebih baik ormas diberdayakan untuk menjalankan kegiatan UMKM agar program OK OCE bisa berjalan secara maksimal. Bila masyarakat disuruh memperbaiki jalan, mereka tidak mempunyai keahlian, sehingga percayakan saja ke Dinas Bina Marga yang memang ahlinya.

"Masyarakat yang tidak punya keahlian untuk memperbaiki jalan, untuk mengaduk semen dan mengaspal. Ya jadi nanti jadi masalah baru saya kira wacana-wacana lah itu," ujarnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan, ormas merupakan aset yang harus diberdayakan. Selain itu, mereka merupakan perwakilan dari masyarakat.

"Ini yang kita dorong untuk mereka bisa aktif dalam mengelola dana APBD kita ke depan. Jadi, anggaran 'menetes' sampai ke bawah. Proposalnya bisa berupa fisik, sebab itu kan investasi untuk fasilitas ekonomi. Pendidikan atau pelatihan juga investasi jangka panjang. Makanya, mereka disuruh membuat proposal untuk pengajuan," kata Taufan.

(Baca Juga: Dana APBD DKI Akan Dikucurkan untuk Ormas: Supaya Anggaran "Menetes" Sampai Bawah)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini