Berkas Perkara Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi Dilimpahkan ke Kejari

Wijayakusuma, Okezone · Kamis 21 Februari 2019 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 21 338 2021141 berkas-perkara-pembunuhan-satu-keluarga-di-bekasi-dilimpahkan-ke-kejari-kjwWE3gggj.jpg Pembunuh satu keluarga di Bekasi, Haris Simamora (Foto: Wijaya/Okezone)

BEKASI - Berkas perkara kasus pembunuhan sadis satu keluarga di Bekasi dengan tersangka Haris Simamora, telah dilimpahkan penyidik Polda Metro Jaya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Gusti Hamdani menyebutkan, pihaknya belum melakukan tahap dua karena masih menunggu beberapa hal yang berkaitan dengan pemeriksaan berkas dan barang bukti.

"Untuk penanganan perkaranya sekarang ini kita menunggu pelimpahan tersangka dan barang bukti dari Kejaksaan oleh penyidik untuk pengembangan penanganan perkara itu. Sementara ini kita belum lakukan tahap dua, karena tadi informasinya pengacaranya belum hadir. Sehingga untuk penerimaan tersangka dan barang bukti belum kita ketahui apa barang bukti yang dibawa," katanya di Bekasi, Kamis (21/2/2019).

Di kesempatan sama, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi, Irfan Natakusuma menyebutkan, tersangka berikut barang bukti telah dibawa ke Kejari Bekasi untuk pengembangan perkara kasus yang terjadi pada pertengahan November 2018 itu.

"Tersangka sama barang bukti sudah diantar, tapi belum kita periksa karena tersangka dengan ancaman yang di atas sepuluh tahun kan harus didampingi penasihat hukum. Sehingga, penasihat hukum mengumpulkan data, nanti tersangka dan barang bukti kita periksa disesuaikan dengan yang di dalam berkas," ujarnya.

(Baca Juga: Ini Postingan Terakhir HS, Pria yang Diciduk Terkait Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi)

Bukti yang diterima pihak Kejari, kata Gusti, di antaranya mobil dan pakaian milik para korban. Dan terhitung hari ini, tersangka berikut barang bukti sudah menjadi tanggung jawab pihak Kejari.

"Barang bukti yang diterima berupa mobil, pakaian, ya pokoknya hal-hal yang berhubungan dengan perbuatan yang dilakukan tersangka. Jadi beralih penguasaan tersangka dan barang bukti dari penyidik, beralih mulai hari ini jadi tanggungjawab kita," ujarnya.

Gusti juga melakukan pencocokan berkas dengan barang bukti yang diterima dari penyidik, untuk kemudian beralih ke tahap selanjutnya.

"Kalau hari ini hanya pemeriksaan tersangka dan barang bukti kita cocokan, baik identitas kemudian kita sampaikan perbuatan yang disangkakan dalam berkas, lalu dicocokan juga dengan barang-barang buktinya. Kalau tidak ada keberatan, kita lanjutkan," kata dia.

Sementara, penasihat hukum tersangka, Alam P Simamora mengatakan, semua barang bukti telah dilimpahkan ke JPU untuk dilanjutkan ke tahap kedua.

"Tadi yang saya lihat itu (barang bukti) yang melekat pada tubuh korban dan tubuh pelaku, seperti baju, celana, sebatas itu saja. Barang bukti linggis tidak ada," katanya.

(Baca Juga: Usai Bunuh Diperum dan Istrinya, Haris Simamora Sempat Minta 2 Anak Korban Tidur)

Alam juga mengakui tersangka saat ini dalam kondisi sehat. Pihaknya pun akan menentukan langkah selanjutnya sesuai dengan jalannya persidangan.

"Kalau untuk kami sebagai penasehat hukum, nanti kita lihat di persidangan," ujarnya.

Sebelumnya, Haris Simamora tega membunuh satu keluarga yang masih kerabat dekatnya di Bojong Nangka, Kota Bekasi. Korban suami istri Daperum Nainggolan dan Maya br Ambarita, dibunuh tersangka dengan menggunakan linggis, sementara dua anak korban, Sarah (9) dan Arya (7) dibunuh dengan cara dicekik.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini