nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Pembangunan 3 JPO Gunakan Dana KLB Era Pemerintahan Ahok

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 20:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 28 338 2024185 anies-pembangunan-3-jpo-gunakan-dana-klb-era-pemerintahan-ahok-PwttHI7tz7.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengakui, pihaknya menggunakan dana kompensasi Koefisien Lantai Bangunan (KLB) untuk membangun tiga Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di kawasan Sudirman. Dana itu berasal dari pemerintahan sebelumnya era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dana KLB ialah semacam denda yang diserahkan oleh perusahaan swasta ke Pemprov DKI Jakarta, karena membangun gedung melebihi jumlah lantai yang ditentukan. Adapun ketiga JPO itu ialah Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno dan Polda Metro Jaya.

 (Baca juga: Anies Resmikan JPO Kekinian di GBK, Bundaran Senayan, dan Polda Metro)

Perusahaan yang membiayai pembangunan itu adalah PT. Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN). Mereka mengeluarkan dana hingga Rp53 Miliar untuk pembangunan tiga JPO tersebut.

"Itu sisa yang cukup banyak dari KLB sebelumnya banyak dan harus diapakan, ya dimanfaatkan," kata Anies di kawasan Ciracas, Jakarta. Kamis (28/2/2019).

 sd

Anies membeberkan bahwa dana KLB dari pemerintahan sebelumnya cukup banyak. Sehingga, dimanfaatkan untuk pembangunan JPO kekinian itu.

"Hampir semuanya sisa-sisa yang kemarin. Jadi itu sudah ada lalu kita manfaatkan," ujarnya.

Namun, ketika ditanya mengenai jumlah dana KLB sisa pemerintahan lalu, Anies enggan membeberkannya."Pak Asbang yang hafal," katanya.

 sd

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini