nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Beraksi di Depok, 3 Begal Ditangkap dan 1 Lainnya Masih Diburu

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 15:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 04 338 2025588 kerap-beraksi-di-depok-3-begal-ditangkap-dan-1-lainnya-masih-diburu-mQ1uZzUpqf.jpg Ilustrasi penangkapan (Shutterstock)

DEPOK – Tim Gabungan Unit Reskrim Polsek Cimanggis, Unit Jatanras dan Unit Krimsus Polresta Depok menangkap tiga dari empat pelaku begal yang meresahkan masyarakat di Depok, Jawa Barat, pada Senin, 4 Maret 2019, dini hari.

Ketiga pelaku tersebut ialah MR, (14), Yahya (20), dan Sulistiono (22). Mereka diketahui warga Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Sementara satu pelaku berinisial R masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kapolsek Cimanggis Kompol Suyud mengatakan, penangkapan itu berawal dari adanya laporan masyarakat terkait tindak pencurian dengan ancaman kekerasan di wilayah Cimanggis, Depok. Kemudian tim gabungan langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku.

"Kami tangkap seorang pelaku begal MR di Pondok Ranggon Jaktim sekira pukul 02.00 WIB. Dari pelaku tersebut kami mendapatkan dua pelaku lainnya Yahya dan Sulistiono di daerah Kalimanggis, belakang Perumahan Raffles ketika sedang nongkrong," kata Suyud kepada wartawan, Senin (4/3/2019).

begal

Ia menjelaskan, dari keterangan pelaku yang masih katagori remaja tersebut, mereka sudah 5 kali beraksi di wilayah Depok. Saat pelaku beraksi di Jalan Bungur Raya, merampas 1 handphone; ketika beraksi di Jalan Kapitan Cimanggis, komplotan itu mengambil 1 handphone, saat beraksi di Jalan Leuwinanggung, mereka mengambil 1 handphone, di Radar Auri Warung Kopi merampas 1 handphone, di Jalan Radar Auri dekat Apartemen Cibubur Jaktim korbannya driver ojek online, pelaku berhasil merampas 1 buah handphone.

"Kami amankan dari tersangka Motor Scoopy warna putih hitam nomor polisi B 3312 ELW, sarung clurit, kardus handphone Xiomi RED MI 2," tuturnya.

(Baca Juga : Jadi Begal Motor, 3 Remaja Ditangkap Polisi)

Untuk mempertanggungjawabkan perbutannya, pelaku dijerat Pasal 368 KUHP tentang pencurian dengan ancaman kekerasan dan pelaku terancam hukuman 9 tahun penjara.

"Seluruh pelaku yang sudah kami tangkap kami tahan di Polsek Cimanggis dan akan kita jerat pasal 368 KUHP ancaman 9 tahun penjara," katanya.

(Baca Juga : 3 Bocah "Bau Kencur" Jadi Pelaku Begal di Depok)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini