nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Detik-Detik Tergulingnya KRL di Bogor Menurut Kesaksian Warga

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 15:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 10 338 2028094 detik-detik-tergulingnya-krl-di-bogor-menurut-kesaksian-warga-gtMtnEm476.jpg Yayat Hidayat, saksi mata sebelum KRL Jatinegara-Bogor terguling di Kebon Pedes, Bogor (Foto: Putra Ramadhani)

BOGOR - Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line KA 1722 relasi Jatinegara-Bogor mengalami anjlok di Kebon Pedes, Kota Bogor, Jawa Barat. Sebelum kejadian, warga sempat mendengar suara keras ketika kereta nahas itu melintas. 

Menurut relawan parkir di perlintasan Kebon Pedes, Yayat Hidayat (52) mengatakan, kereta yang mengalami anjlok berjalan melintas seperti biasanya.

"Keretanya biasanya aja melintas, kecepatannya juga biasa. Enggak ada tanda-tanda bunyiin klakson atau bagaimana," kata Yayat, saat ditemui Okezone di lokasi anjloknya kereta, Minggu (10/3/2019).

(Baca Juga: KRL Terguling, Perjalanan Kereta Jakarta-Bogor Hanya Sampai Stasiun Depok)

Namun, belum selesai kereta melintas kabel listrik yang berada di atas jatuh ke jalan. Lalu disusul dengan suara keras dari arah depan kereta.

"Baru beberapa gerbong lewat, ada kabel putus. Saya takut ada listriknya terus kabur, pengendara yang lewat juga kabur. Enggak lama suara kenceng kaya tabrakan, pas dilihat bagian depan anjlok," ujarnya.

KRL terguling

Sontak, warga sekitar pun berkerumun mendekati lokasi kejadian. Terlihat para penumpang di KRL panik berusaha keluar sampai akhirnya pintu pun terbuka.

"Saya lihat penumpang pada panik, pada keluar lewat pintu. Ada yang mau keluar lewat jendela tapi enggak boleh sama satpamnya disuruh tenang. Kondisinya sedang, enggak begitu padat," tutur Yayat.

Hingga pada akhirnya, petugas PT KAI, Polri, TNI dan lainnya mendatangi lokasi untuk mengevakuasi korban dan mengamankan lokasi kejadian. "Langsung pada datang ramai, korban luka-luka dibawa ke rumah sakit," katanya.

(Baca Juga: Korban Luka Akibat KRL Terguling di Bogor Jadi 17 Orang)

Kecelakaan tersebut diketahui mengakibatkan 17 orang luka. Sebanyak 9 orang dibawa ke RS Salak Bogor dan 8 lainnya di pos kesehatan Stasiun Bogor. KRL tersebut dikabarkan tertimpa tiang Listrik Aliran Atas (LAA).

"Bagi para pengguna yang menjadi korban maka akan mendapatkan perawatan kesehatan," kata VP Komunikasi PT KCI Eva Chariunisa.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini