nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah First Travel Kecewa Terdakwa Mangkir di Persidangan

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 15:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 20 338 2032630 jamaah-first-travel-kecewa-terdakwa-mangkir-di-persidangan-MYV0cRlJu1.JPG Suasana sidang gugatan jamaah terhadap bos First Travel (Foto: Wahyu Muntinanto/Okezone)

DEPOK - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas II Kota Depok, Jawa Barat resmi menunda sidang gugatan jamaah First Travel terkait perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) terhadap terdakwa Andika Surachman, Annisa Hasibuan, dan Siti Nuraida alias Kiki hingga pekan depan. Akibatnya, jamaah First Travel (FT) kecewa lantaran kedua terdakwa tidak hadir.

Kuasa hukum jamaah First Travel, Rizqie Rahmadiansyah berujar, sidang akan kembali digelar pada Rabu 27 Maret 2019 mendatang dengan terdakwa Andika Surachman, Annisa Hasibuan dan Siti Nuraida alias Kiki dengan agenda gugatan perbuatan melawan hukum.

"Kekecewaan itu terjadi karena terdakwa (bos First Travel-red) tidak hadir, sehingga sidang harus ditunda hingga minggu depan," kata dia, Rabu (20/3/2019).

Dia lantas meminta pada jaksa agar terdakwa dapat dihadirkan kembali. Rizqie sempat menanyakan, masalah tersebut kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok perihal alasan ketidakhadiran terdakwa, namun dirinya lagi-lagi harus kecewa karena tidak mendapat jawaban pasti.

"Saya sempat meminta kepada pihak kejaksaan, agar para terdakwa dihadirkan kembali namun belum ada keputusannya, oleh sebab itu saya meminta bantuannya untuk mengurus hal ini yang mulia," kata Rizqie di depan hakim.

Jamaah Sidang Gugatan Bos First Travel

Mahkamah Agung (MA) sebelumnya telah menolak kasasi terdakwa kasus pencucian uang First Travel, Andika Surachman dan Annisa Hasibuan. Selain menolak kasasi terdakwa, MA juga menolak permohonan kasasi jaksa dalam perkara First Travel.

Putusan itu telah dikeluarkan pada 31 Januari 2019 lalu dengan nomor 3096 K/PID.SUS/2018. Putusan perkara Andika diputus oleh Hakim Agung Eddy Army, Hakim Margono dan Hakim Andi Samsan Nganro.

Selain memutus perkara Andika dan Annisa, MA juga sudah memutus kasasi terhadap Direktur Keuangan First Travel, Annisa Desvitasari Hasibuan alias Kiki Hasibuan. Putusan bernomor 3095 K/PID.SUS/2018 menyatakan menolak permohonan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini