nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPAI Minta Siswa yang Bully Guru di Cilincing Diberikan Sanksi Mendidik

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 11:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 27 338 2035517 kpai-minta-siswa-yang-bully-guru-di-cilincing-diberikan-sanksi-mendidik-mkvPYGyKaS.jpg Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti. (Foto : Dok Okezone)

JAKARTA – Viral video sejumlah siswa SMP mem-bully ibu guru dengan bernyanyi dan berjoget sambil mengeliling pendidik tersebut. Ada juga siswa yang mengeluarkan uang seperti menyawer guru dan siswa lainnya ada yang naik ke meja guru. Peristiwa bullying ini terjadi di salah satu SMP swasta di Cilincing, Jakarta Utara.

Terkait hal ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai perilaku anak-anak dalam video itu sangat tidak patut. Terlebih perilaku itu ditujukan kepada ibu guru.

"Meskipun bersalah dan akan diberikan sanksi, KPAI ingin memastikan bahwa sanksi tersebut merupakan disiplin positif dan bersifat mendidik," ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, kepada Okezone, Rabu (27/3/2019).

Ia mengatakan, KPAI ingin memastikan para siswa itu tetap dipenuhi hak atas pendidikannya. Hal itu, lanjut Retno, karena siswa tersebut sudah kelas IX dan akan mengikuti ujian sekolah dan ujian nasional.

Ilustrasi bullying. (Foto : Amerikanki)

Untuk menyelidiki kasus ini, KPAI akan melakukan pengawasan ke sekolah tersebut, siang ini.

Sebelumnya diberitakan, kabar itu menjadi perbincangan warganet setelah video tersebut diunggah di akun Instagram. Pada video itu tampak siswa menyanyikan lagu dan berjoget sambil mengelilingi guru tersebut.

(Baca Juga : Viral Video Ibu Guru Dipermalukan Sejumlah Siswa yang Nyanyi dan Joget di Kelas)

Dalam aksinya, ada beberapa siswa yang tidak mengenakan seragam sebagaimana mestinya. Ada pula siswa yang bertelanjangan dada sambil berjoget dan bernyanyi. Tampak ada juga siswa yang memegang lembaran uang kertas, seperti sedang menyawer.

Sementara siswa lainnya di kelas tampak memukul-mukul meja seperti memainkan alat musik. Aksi ini mengundang tawa dari siswa di kelas.

(Baca Juga : Viral Siswa SMP di Jakut Bully Ibu Guru, Disdik Akan Berikan Edukasi)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini