nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan Tertimpa Pohon, 1 Meninggal Dunia

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 13:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 04 338 2038949 5-pengunjung-taman-margasatwa-ragunan-tertimpa-pohon-1-meninggal-dunia-RT2J2i3fuL.jpg Ilustrasi Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Lima pengunjung Taman Margasatwa Ragunan (TMR) tertimpa pohon tumbang pada Rabu 3 April 2019. Satu di antaranya meninggal dunia. Korban kemudian langsung dievakuasi ke RSUD Pasar Minggu.

Kapolsek Pasar Minggu Kompol Prayitno mengatakan, para korban saat itu sedang berdiri dekat pohon, tepatnya di depan Masjid Darusallam, Jalan Singa Afrika. Tiba-tiba sebuah pohon tumbang dan mengenai mereka.

"Kejadiannya kemarin sekitar pukul 14.30 WIB, langsung dilakukan eksekusi untuk utamakan keselamatan para korban, dibawa ke RSUD Pasar Minggu dari pihak TMR-nya. Ada lima tertimpa, ada yang meninggal juga," kata Prayitno kepada wartawan, Kamis (4/4/2019).

(Baca juga: Cegah Anak Terpisah dari Orangtua, Pengelola Ragunan Siagakan Petugas)

Meski demikian, polisi belum mengetahui penyebab robohnya pohon tersebut. Peristiwa itu berlangsung secara tiba-tiba dan sangat cepat terjadi.

"Penyebab robohnya belum diketahui. Kan itu kejadiannya tidak ada hujan, tidak ada angin, tiba-tiba seperti itu (roboh)," kata Prayitno.

Ilustrasi jenazah. (Foto: Shutterstock)

Sejauh ini polisi telah memeriksa dua saksi terkait pohon tumbang di Taman Margasatwa Ragunan. Meski kejadian tersebut murni musibah, pihak kepolisian tetap melakukan pendalaman.

"Langkah lidik tetap dilakukan pendalaman. Kan musibah itu kan tak ada unsur kesengajaan, apalagi kaitannya sama pohon. Mungkin nanti dari pengelola lebih hati-hati bagian khusus merawat dan mengawasi," ucap Prayitno.

(Baca juga: Pemprov DKI Gelar Sayembara Desain Revitalisasi Ragunan Berhadiah Rp1 Miliar)

Sementara Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Masyarakat Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widasana mengatakan insiden ini terjadi ketika cuaca sedang cerah. Saat itu tidak turun hujan maupun angin kencang.

"Setelah korban tertimpa, kami evakuasi dan lakukan pertolongan pertama di klinik TMR. Kami tangani, lalu kami rujuk ke RSUD Pasar Minggu, dan dinyatakan meninggal di sana," papar Ketut.

Ia menyebut pohon yang roboh dan menimpa para pengunjung sebesar lengan orang dewasa. Pohon tersebut tingginya 20–30 meter. Jadi saat jatuh sangat kencang. Ketika itu para korban sedang melihat-lihat suvenir di sana.

"Saat itu mereka sedang lihat-lihat suvenir," jelas Ketut.

Adapun korban meninggal dunia adalah seorang wanita bernama Anis Harunisa (23), warga Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ia meninggal akibat luka parah di bagian kepala.

Sementara empat korban lainnya yakni Dafin Algifari (3), M Alif Annabawi (6), Sugihwati (48), dan Chintia Tsania (7). Keempatnya masih berada di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini