nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap Penculik Balita di Bekasi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 15 April 2019 15:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 338 2043745 polisi-tangkap-penculik-balita-di-bekasi-B8TZn3Ok36.jpg Polisi Gelar Jumpa Pers (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polisi meringkus seorang wanita paruh baya berama Anggraini (55) yang merupakan pelaku penculikan terhadap seorang balita berinisial ASA (3).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan bila pengungkapan penculikan ini usai pihaknya mendapatkan laporan. Kemudian polisi mengumpulkan barang bukti seperti CCTV dari tempat kejadian guna meringkus pelaku.

“Tanggal 14 April 2019, kita mendapatkan posisi pelaku. Kita dapat informasi pelaku ada disini dan disini, kemudian kita dapatkan tersangka ada di dekat stasiun Pasar Senen,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/4/2019).

Usai menemukan tersangka dan korban, kemudian Polisi membawa keduanya ke Polda Metro Jaya. Hal ini dilakukan polisi untuk memeriksa tersangka sementara korban dipulangkan ke orangtuanya.

“Kemudian dari hasil pemeriksaan atau keterangan pelaku, bahwa pelaku selama lima hari membawa anak ini kemana-mana,” imbuh Argo.

Baca Juga: Balita 3 Tahun di Bekasi Diculik saat Bermain, Aksi Pelaku Terekam CCTV

Culik

Argo menjelaskan, pelaku tak mempunyai pekerjaan tetap. Sehari-hari, hanya bekerja sebagai mengemis dari satu masjid ke satu masjid. Bahkan, terkuak jika korban ASA digunakan untuk mendapatkan belas kasihan dari jamaah masjid yang melihat.

“Kemudian sehari-hari pelaku sering tidur di masjid dan nyapu-nyapu sehingga sering dikasih uang oleh jamaah. Kemudian dengan adanya anak kecil dia semakin iba orang yang kemudian memberi sedekah,” jelas Argo.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 328 KUHP subsider pasal 330 KUHP dan atau pasal 76 F Jo Pasal 83 UU RU No.35 Tahun 2014 mengenai perlindungan anak.

Sebelumnya seorang balita perempuan berumur tiga tahun, Anisa Suci Ardiwibowo, dilaporkan hilang saat sedang bermain di area sebuah masjid, Selasa 9 April 2019 pagi.

Hasil rekaman CCTV yang berada di lokasi memperlihatkan korban dibawa oleh seorang perempuan paruh baya yang menggunakan kerudung merah dan berbaju pink.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini