nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditanya soal Wagub DKI, Anies: DPRD Lagi Deg-degan Tunggu Hasil Pileg

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 22 April 2019 14:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 22 338 2046471 ditanya-soal-wagub-dki-anies-dprd-lagi-deg-degan-tunggu-hasil-pileg-Eksvwfp8p5.jpg Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, dirinya tak mempersoalkan lambatnya pengisian kursi wakil gubernur sejak ditinggal Sandiaga Uno yang memilih untuk berlaga di perhelatan Pilpres 2019.

Menurut dia, lambannya parlemen Kebon Sirih melakukan pemilihan kursi DKI-2 lantaran para wakil rakyat itu sedang cemas menunggu penghitungan Pileg 2019.

 Baca juga: Jika Sandi Kembali Jadi Wagub DKI, Tidak Ada Aturan yang Dilanggar

"Saat ini semua anggota DPRD kita lagi deg-degan antara masuk dan tidak. Jadi biarkan proses itu selesai dulu," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

 https://img-k.okeinfo.net/content/2019/04/10/338/2041474/libatkan-rw-dan-mahasiswa-anies-harap-musrenbang-lebih-berkualitas-AHLGh1mHt6.jpg

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengatakan, meskipun pemilu sudah selesai, tapi masih ada fase yang lebih penting, yaitu mengamankan suara dari pemilihnya.

 Baca juga: Ketua DPRD DKI : Pemilihan Wagub Terbentur Tahun Politik

"Jadi, kita kadang-kadang kalau mendengar masa pemilu yang keingat adalah mendapatkan suara, yang tidak kalah penting adalah mengamankan suara, dua hal ini jadi satu," ujarnya.

Anies menyebut, proses pergantian Sandiaga Uno masih memerlukan waktu yang sangat panjang. Sebab, seluruh anggota DPRD masih belum fokus bekerja karena mereka menunggu hasil rapat pleno KPU terlebih dahulu.

"Sesungguhnya proses pemilihan umum belum tuntas, kita tunggu sampai tuntas," kata Anies.

Seperti diketahui, kini sudah ada nama dua kandidat cawagub DKI setelah PKS dan Gerindra mekakukan proses fit and proper test beberapa waktu lalu. Kedua nama itu adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun dua nama ini masih tersendat di DPRD DKI, karena harus melakukan paripurna untuk pemilihan wagub.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini