nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingginya Debit Air Katulampa, Sejumlah Kampung di Depok Sempat Terendam Banjir

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 14:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 26 338 2048374 tingginya-debit-air-katulampa-sejumlah-kampung-di-depok-sempat-terendam-banjir-vHntxm1LpV.jpg Banjir di Depok (Foto: Wahyu Muntinanto/Okezone)

DEPOK - Tingginya debit air katulampa yang mencapai siaga I berdampak banjir pada sebuah pemukiman warga di wilayah di RT05/RW07, Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Seorang warga yang mengalami kebanjiran Edi (38) mengatakan jika air tiba di kampung mereka sekira pukul 24.00 WIB sampai 01.00 WIB. Bahkan dia menyebut tingginya air bisa sampai seleher orang dewasa.

 Baca juga: Selamatkan Diri dari Banjir, Seorang Nenek di Bogor Meninggal Dunia

"Semalam airnya datang banyak banget tapi kami sudah dapat informasi kalau air akan naik jadi sudah siap-siap ngungsi ke atas," ucap Edi, Jumat (26/4/2019).

 Banjir di Depok 2 (Wahyu)

Namun banjir itu berangsur surut ketika pagi tiba, dia dan 19 KK lainya yang sebelumnya mengungsi sementara akan kembali ke tempat tinggalnya. Akan tetapi hal tersebut masih menunggu kabar dari instansi terkait soal debit air kali Ciliwung.

"Kita pengen kembali dari pengungsian ke rumah tali masih takut. Tunggu kabar dulu deh, larena kalau malam hujan pasti air akan naik lagi," tuturnya.

 Baca juga: Aksi Heroik Tim SAR Gabungan Evakuasi Bayi Berusia 11 Hari di Kalibata

Selain Edi, warga lainnya Sunarti (46) mengaku terdapat dua rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir tersebut. Sebab air yang mengalir terlalu deras sempat mengikis sebagian tanah hingga dinding rumah menjadi jebol.

"Ada rumah yang jebol temboknya di kamar mandi sama dapur ada dua rumah. Karena kan emang airnya deras banget," ujarnya.

Sementara di sisi lain, anggota Tagana Kota Depok, Doni mengatakan air mulai meluap pukul 02.00 WIB. Warga di dekat bantaran kali pun terpaksa mengungsi.

 Baca juga: Dihajar Hujan Semalaman, Ratusan Rumah di Pejaten Timur Terendam Banjir

"Titik wilayah rumah warga yang dekat bantaran Sungai Ciliwung sudah kami evakuasi dibantu Damkar, TNI, aparat, Tagana, dan elemen warga Depok," katanya, Jumat (26/4/2019).

Warga yang kebanjiran ada dibawah jembatan Soto Kudus, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji dan wilayah Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Kecamatan Cimanggis.

Informasi yang didapat titik banjir sesuai informasi anggota Tagana dan komunitas Sungai Ciliwung ada di wilayah RT 08 RW 2 Tirta Jaya, Kecamatan Sukmajaya, RT 4 RW 5 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, bawah jembatan Soto Kudus, bantaran sungai Ciliwung di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, RT 5 RW 7 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, dan RW09 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini