nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 7 Tuntutan Buruh saat May Day, Ada Seruan Kawal Suara Pemilu

Wijayakusuma, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 18:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 30 338 2049973 ini-7-tuntutan-buruh-saat-may-day-ada-seruan-kawal-suara-pemilu-sYgq8y6ctO.jpg Ilustrasi (Koran Sindo)

BEKASI - Peringatan Hari Buruh atau Mayday 1 Mei 2019 di Istora Senayan esok, akan dihadiri sedikitnya 150.000 massa dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Capres 02 Prabowo Subianto dikabarkan juga akan hadir di lokasi peringatan.

"Iya peringatan Mayday besok akan dihadiri capres 02 Prabowo Subianto," kata Sekretaris KC FSPMI Kota/Kabupaten Bekasi, Amir Mahmud di Bekasi, Selasa (30/4/2019).

Dari titik kumpul para buruh akan bertolak bersamaan menuju pusat perayaan. Ada sejumlah tuntutan untuk pemerintah yang akan disuarakan.

"Ada 7 tuntutan buruh pada Mayday 2019 ini," ujarnya.

Adapun tuntutan yang dimaksud, yakni pertama menolak upah murah, pencabutan PP 78 tahun 2015 dan menaikkan 84 item kebutuhan hidup layak (KLH). Kedua penghapusan outsourching atau yang berkedok magang. Ketiga meminta pemerintah meningkatkan manfaat jaminan kesehatan dan pensiun.

Keempat, penurunan tarif dasar listrik (TDL) dan harga sembako. Kelima, peningkatan kesejahteraan guru honorer dan pengemudi ojek online. Keenam, penegakkan demokrasi yang jujur dan adil. Ketujuh adalah menyerukan kepada kaum buruh untuk mengawal formulir C1 di wilayah KPU masing-masing.

"Sejauh ini tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap peringatan Mayday dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja di tahun ini ada beberapa isu yang akan kami angkat," jelasnya.

Sejumlah perlengkapan diakui Amir telah disiapkan untuk peringatan Mayday esok, diantaranya bendera, pamflet dan banner.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini