Peringati May Day, Ribuan Buruh Padati Tennis Indoor Senayan

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 01 Mei 2019 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 01 338 2050149 peringati-may-day-ribuan-buruh-padati-tennis-indoor-senayan-JE7Cg7qaAC.jpg Peringatan May Day 2019 di Tennis Indoor Senayan (foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Ribuan rakyat kelas pekerja atau buruh dari berbagai elemen sudah mulai memadati kawasan Tennis Indoor Senayan untuk merayakan May Day 2019. Mereka datang membawa bendera organisasi masing-masing.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, ribuan buruh yang sudah hadir di Tennis Indoor berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Ada pula beberapa organisasi lainnya.

Peringatan May Day 2019 di Tennis Indoor Senayan (foto: Fahreza Rizky/Okezone)

Baca Juga: Peristiwa 1 Mei: Hari Buruh Sedunia dan Pemberian Nama Planet Pluto 

"Ikut May Day untuk suarakan keluhan kita. Semoga perayaan ini menghasilkan kebijakan positif untuk kelas pekerja," ujar Isna (34), salah seorang buruh yang sudah tiba di lokasi, Rabu (1/5/2019).

Ribuan rakyat kelas pekerja yang sudah tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) diminta masuk ke dalam Tennis Indoor Senayan. Mereka berbondong-bondong masuk ke dalamnya.

Sekadar informasi, KSPI melakukan peringatan May Day 2019 dengan cara mengelar rapat akbar di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Peringatan May Day ini akan dimulai pukul 10.30 WIB hingga selesai.

Sementara itu, di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Calon Presiden 02 Prabowo Subianto dijadwalkan hadir dan menyampaikan orasi politik di hadapan kaum buruh.

Peringatan May Day 2019 di Tennis Indoor Senayan (foto: Fahreza Rizky/Okezone)	 

Perlu diketahui, dalam May Day tahun 2018 lalu, Prabowo Subianto juga hadir dalam peringatan May Day yang diselenggarakan KSPI di Istora Senayan.

Peringatan May Day di Jakarta akan diikuti 50 ribu buruh dari Jabodetabek, Purwakarta, Serang, dan Cilegon.

Baca Juga: 40 Ribu Buruh Turun ke Jalan Ibu Kota Peringati May Day 

Adapun tema yang akan diangkat dalam May Day tahun ini adalah "Kesejahteraan Buruh dan Demokrasi Jujur Damai". Sedangkan isu yang akan disuarakan adalah sebagai berikut:

1. Tolak Upah Murah – Cabut PP 78/2015 – Naikkan Komponen KHL Menjadi 84 Item.

2. Hapus Outsourcing dan Pemagangan yang Berkedok Outsourcing.

3. Tingkatkan Manfaat Jaminan Kesehatan dan Jaminan Pensiun.

4. Turunkan Tarif Dasar Listrik dan harga Sembako.

5. Tingkatkan Kesejahteraan dan Pendapatan Guru dan Tenaga Honorer serta Pengemudi Ojek Online (Ojol).

Selain itu, demi tegakkan demokrasi yang jujur dan damai, KSPI menyerukan kepada kaum buruh untuk ikut serta mengawal form C1 di KPU wilayah masing-masing.

Peringatan May Day 2019 di Tennis Indoor Senayan (foto: Fahreza Rizky/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini