nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pilu Berjuang Melawan Penyakitnya Viral, Kini Nasib Sunarsih Kian Membaik

Wijayakusuma, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 14:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 02 338 2050613 kisah-pilu-berjuang-melawan-penyakitnya-viral-kini-nasib-sunarsih-kian-membaik-4dH2EUISNA.jpg Sunarsih Dibawa Petugas untuk Berobat (foto: Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI - Usai pemberitaan terkait kondisinya viral, Sunarsih warga Jalan Harun RT 05 RW 11 Kampung Bulak, Jatirahayu, Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, akhirnya mendapat bantuan dari pihak-pihak terkait. Saat ini ia telah mendapat perawatan medis untuk mengobati penyakit kronis yang dideritanya.

Seperti diketahui, sudah kurang lebih 6 bulan Sunarsih menderita radang paru-paru, liver serta lambung. Kondisi ekonomi yang miskin membuatnya tak bisa berbuat banyak untuk pengobatan. Begitu pun dengan program pemerintah yang diharapkan, tak kunjung ia dapatkan.

Baca Juga: Kisah Pilu Sunarsih di Bekasi, Renta dan Sakit-sakitan Tanpa Bantuan dari Pemerintah 

Sunarsi saat Berjuang Melawan Penyakitnya (Foto: Wijayakusuma/Okezone)

Namun kini Sunarsih bisa bernapas lega karena satu persatu permasalahan hidupnya sudah mendapat penanganan. Setelah mendapat kunjungan dari Lurah Jatirahayu, Amirudin, Sunarsih pun dijemput oleh pihak kelurahan dan sejumlah pihak RS Jatirahayu untuk mendapat perawatan intensif di rumah sakit, Rabu 1 Mei 2019.

Terkait Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum juga diperoleh Sunarsih, Amirudin berjanji akan melakukan pendataan ulang agar penerimaan lebih tepat sasaran.

"Saat ini data yang digunakan kementerian masih berdasarkan tahun 2015. Makanya kita akan data ulang warga kurang mampu di wilayah Jatirahayu," katanya di Bekasi, Kamis (2/4/2019).

Amirudin mengaku sebelumnya telah membuatkan Kartu Sehat (KS) bagi keluarga Sunarsih. Namun lantaran kesulitan mencari letak kediaman Sunarsih, KS tersebut akhirnya tak kunjung diberikan. KS ini nantinya akan digunakan untuk pengobatan Sunarsih selanjutnya.

"Kalau ada rumah sakit yang menolak, saya siap bantu dampingi," tegasnya.

Selain bantuan pengobatan medis, biaya tunggakan sekolah sang anak juga akan dibantu untuk pelunasannya. Hal ini disampaikan pihak Kecamatan Pondok Melati melalui keterangan yang di-unggah ke laman Facebook Kelurahan Jatirahayu.

"Untuk membantu melunasi tunggakan biaya sekolah anaknya, kami bersama Dinas Sosial Kota Bekasi sedang mengupayakan bantuan dari Baznas Kota Bekasi," tulis pihak Kecamatan Pondok Melati, Amir Elfadany.

Sunarsih saat Berjuang Melawan Penyakitnya (Foto: Wijayakusuma/Okezone)	 

Berkaitan dengan PKH, pihaknya akan berkoordinasi dengan pendamping PKH, TKSK, Dinas Sosial Kota Bekasi untuk evaluasi dan pendataan serta pengajuan calon penerima manfaat yang tepat sasaran.

"Karena data penerima manfaat PKH berasal dari Kementerian Sosial yang diambil dari Basis Data Terpadu Tahun 2015 BPS Kota Bekasi," jelasnya.

Baca Juga: Kegigihannya Menimba Ilmu dari Kemayoran ke Depok Viral, Karim Kini Punya Sepatu dan Tas Sekolah 

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke menyambut baik langkah yang diambil pihak-pihak terkait terhadap permasalahan warga miskin Sunarsih. Ia pun menyampaikannya apresiasinya atas kepedulian yang ditunjukkan masyarakat luas yang turut berpartisipasi menyebarkan kondisi Sunarsih.

"Atas nama PPWI Nasional, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang sudah membantu saudara kita yang sedang ditimpa kesulitan. Semoga kepedulian sosial di masyarakat kita tetap terpelihara baik dan semakin meningkat ke masa depan," ujar Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu.

(fid)

Berita Terkait

Viral

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini