nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Permukaan Air Kali Bekasi Naik, 2 RT di Bantargebang Bekasi Tergenang

Wijayakusuma, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 01:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 338 2051880 permukaan-air-kali-bekasi-naik-2-rt-di-bantargebang-bekasi-tergenang-7yxhlcqBiW.jpg Banjir menggenangi 2 RT di Bantargebang Bekasi (Foto: Wijaya/Okezone)

BEKASI - Tinggi permukaan air kali Bekasi di bagian hulu mengalami kenaikan sejak Minggu sore. Air bahkan sudah merendam sejumlah rumah yang berada di dekat bantaran kali, tepatnya di RT 01 dan 02 RW 06 Pangkalan 1A, Kelurahan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi BPBD Kota Bekasi, puncak ketinggian air di hulu Cileungsi terjadi pada pukul 19.00 WIB, dengan ketinggian mencapai 350 sentimeter atau 3,5 meter.

"Iya ada dua RT di satu RW yang terdampak banjir. Kali itu berdekatan dengan warga," kata Udin Syamsudin, warga setempat kepada Okezone di Bekasi, Minggu (5/5/2019).

Menurutnya, warga setempat banyak yang panik lantaran air menggenangi kediaman mereka secara tiba-tiba. Banyak pula warga yang memilih mengungsi ketimbang menunggu air banjir surut.

"Ada yang panik juga, karena rumah warga yang dekat kali udah ada yang kerendam juga. Sebagian udah ada yang mengungsi ke dataran yang lebih tinggi," ujarnya.

Ilustrasi

Udin menuturkan bahwa kejadian serupa sudah sering terjadi di wilayahnya. Ia pun berharap pemerintah daerah dapat segera bertindak untuk penanganan banjir.

"Harus ada tindakan perbaikan saluran air dan warga jangan membuang sampah sembarang ke kali, karena akan mengakibatkan banjir. Harus ada revitalisasi dan pembersihan juga dari sampah-sampah yang tersendat," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BPBD Kota Bekasi, Karsono meminta warga agar tetap tenang dan waspada dengan adanya kiriman air dari kali Cileungsi. "Kami BPBD Kota Bekasi siaga dan sigap dalam hal ini," katanya.

Karsono sendiri memantau perkembangan ketinggian permukaan air dari jembatan Kemang Pratama. Sejumlah petugas juga disiagakan untuk piket. "Yang piket malam ini ada 10 orang. Kita masih waspadai untuk aliran sungai Cileungsi 4-6 jam ke depan," ucapnya.

Menurutnya, dalam kurun waktu tersebut, air akan sampai ke sejumlah wilayah, diantaranya Pangkalan 1A, Pondok Gede Permai, Perumahan Kemang IFI, Perumahan PPA, Perumahan Pondok Mitra Lestari, Perumahan Depnaker, Perumahan Kemang Pratama, Perumahan Delta dan Bendung Prisdo.

"Kita sudah beritahukan ketinggian permukaan air kepada warga di sekitaran bantaran kali agar bersiaga," tutupnya.

Sementara itu air kali meluap sekira pukul jam 9 malam. Namun kondisi saat ini sudah mulai surut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini