nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selama Ramadan, ASN Pemprov Banten Bisa Pulang Pukul 12.30 WIB!

Rasyid Ridho , Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 15:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 06 338 2052122 selama-ramadan-asn-pemprov-banten-bisa-pulang-pukul-12-30-wib-2cXksXltJN.jpg PNS

SERANG - Pemerintah Provinsi Banten menetapkan jam kerja aparatur sipil negara akan dimajukan lebih pagi dari semestinya selama bulan puasa. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Gubernur nomor 800/1527-BKD/2019 tentang Penatapan Jam kerja selama Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah.

Di dalam surat edaran itu, ditetapkan jam masuk kerja menjadi pukul 06.00 WIB hingga 12.30 WIB dan jumat menjadi 06.00 WIB hingga 13.00 WIB. Perubahan jam kerja tersebut mulai berlaku pada Selasa (7/5/2019) besok.

 Baca juga: ASN di Sumatera Selatan Diminta Kerja Maksimal saat Ramadan

"Jadi nanti habis shalat shubuh langsung siap-siap berangkat ke kantor. Jangan tidur lagi, datang ke kantor jam 06.00 WIB, tadarrusan, selesai tadarrusan langsung kerja dan jam 12.30 WIB pulang." kata Gubernur Banten Wahidin Halim. Senin (6/5/2019)

Namun, jam kerja itu tidak berlaku pada instansi yang memberikan epelayanan kepada masyarakat seperti Samsat, Rumah Sakit dan sebagainya.

Dia mengatakan, perubahan jam kerja itu dilakukannya agar para ASN tetap produktif bekerja meskipun sedang berpuasa. Dengan memajukan jam kerja lebih awal dan waktu pulang siang hari, diharapkan para ASN dapat bekerja lebih fokus dan bisa tetap beraktifitas lain di lingkungannya masing-masing.

 Baca juga: Ini Jadwal ASN Selama Bulan Ramadan, Masuk Pukul 08.00!

"Yang penting semua ibadah selama bulan ramadhan berjalan dengan baik, ibadah puasanya, ibadah kerja, dan ibadah hablumminannasnya," tuturnya

Kepala BKD Provinsi Banten Komarudin mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Menteri PAN-RB nomor 394 tahun 2019 tentang penetapan jam kerja pada bulan ramadhan 1440 Hijriyah, junlah jam kerja efektif pada instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan 5 atau 6 hari kerja selama bulan ramadhan minimal 32,50 jam per minggu.

Sementara, ketentuan pelaksanaan lebih lanjut mengenai jam kerja pada bulan Ramadan tersebut diatur oleh pimpinan instansi pemerintah pusat dan daerah masing-masing dengan menyesuaikan situaai dan kondisi setempat.

 Baca juga: ASN Boleh Menghadiri Kampanye Terbuka, Asal...

"Jadi, Pemda dipersilahkan mengatur jumlah jam kerja dalam seminggu, seandainya masuk jam 06.00 WIB pagi bisa pulang jam 12.30 WIB dengan ausmsi tanpa ada istirahat. Itu sudah memenuhi ketentuan edaran MenPAN-RB," kata Komarudin.

Justru, lanjut Komarudin, jam kerja yang ditetapkan Pemprov nantinya melebihi dari batas minimal yang ditetapkan Menpan. Selain itu, jam kerja baru ini tidak menambahkan jam istirahat karena ketika masuk jam istirahat ASN sudah memasuki jam pulang.

"Makanya nanti kita letakkan juga mesin Fingerprint di masjid, jadi ketika ASN sudah selesai shalat langsung bisa pulang, tanpa perlu ke kantor lagi," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini