nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Aturan Buka Puasa saat Naik MRT Jakarta

Antara, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 17:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 08 338 2053159 ini-aturan-buka-puasa-saat-naik-mrt-jakarta-dhacY4VHfF.jpeg MRT Jakarta (Okezone)

JAKARTA - Manajemen PT MRT Jakarta mengapresiasi kepatuhan pengguna terhadap aturan mengonsumsi air mineral dan kurma saat berbuka atau membatalkan puasa di dalam rangkaian kereta.

"Semuanya mematuhi aturan ini. Jadi kami mengapresiasi ketertiban masyarakat untuk mematuhi aturan ini," kata Sekretaris Perusahaan PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Muhammad Kamaluddin saat ditemui di Wisma Nusantara mengutip laman Antaranews, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Mulai 13 Mei, Diskon 50 Persen Tarif MRT Akan Dihentikan

Dia mengatakan bahwa sejauh ini belum ada pengguna yang melanggar aturan itu dan menganggap aturan tersebut sebagai hal yang wajar.

Dalam rangka menyambut Ramadan, PT MRT memberlakukan aturan mengizinkan pengguna membatalkan puasa di dalam kereta dengan mengonsumsi air mineral dan kurma.

MRT

Dia menjelaskan aturan mengonsumsi air mineral dan kurma tersebut mempertimbangkan kebersihan di dalam kereta.

Baca juga: Warga Sambut Baik Penambahan Rangkaian Kereta MRT

Air mineral, kata dia, diperbolehkan diminum di dalam kereta karena tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Jadi, jika sampai ada tetesan, air tersebut tidak meninggalkan noda yang sulit dibersihkan baik di dalam kereta ataupun di sekitar stasiun.

Selain itu, keharusan mengonsumsi air yang tidak berbau dan berasa juga diterapkan sehingga tidak berpotensi mengundang semut, serangga atau bahkan tikus yang dikhawatirkan mengganggu sistem persinyalan.

Aturan mengonsumsi kurma juga diberlakukan karena dibandingkan makanan lainnya, kurma tidak berpotensi menimbulkan remah-remah yang juga dapat mengundang semut, serangga dan tikus ke dalam sistem MRT.

Baca juga: Pemprov DKI Kucurkan Rp30 Miliar Bangun Jembatan Stasiun MRT

Selain mempertimbangkan kelancaran sistem MRT, aturan tersebut juga diberlakukan untuk tetap menjaga kebersihan baik di dalam kereta ataupun di sekitar stasiun MRT.

Bagi pengguna yang melanggar aturan tersebut, sanksinya adalah diberhentikan di stasiun tujuan terdekat.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini