nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Anies dan Moazzam Malik Tanam Pohon Tandai Kerjasama Bilateral Indonesia-Inggris

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Minggu 12 Mei 2019 20:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 12 338 2054771 gubernur-anies-dan-moazzam-malik-tanam-pohon-tandai-kerjasama-bilateral-indonesia-inggris-STYMPLJthX.jpg

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menanam pohon Spathodea di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/5/2019).

Penanam pohon tersebut bertujuan sebagai pembukaan pameran serta kerjasama bilateral antara Inggris dan Indonesia. "Jadi ini untuk merayakan hubungan erat dan penting untuk keduanya. Saya berterimakasih untuk kawan saya (Anies Baswedan)," kata Moazzam usai menanam pohon.

Ditambahkan Moazzam pada 82 tahun lalu, pendahulunya pernah menanam pohon di tempat yang sama. sehingga pohon tersebut menjadi salah satu simbol persahabatan.

"82 Tahun lalu pendahulu saya menanam pohon di depan bangunan ini untuk merayakan pengangkatan raja George keenam. Pohon ini menjadi salah satu simbol persahabatan," ujarnya.

Moazzam mengenang pada saat Indonesia menjelang kemerdekaan, Inggris memiliki peran yang penting, kala itu. gedung yang saat ini menjadi museum perumusan naskah Proklamasi ini telah diduduki Jepang. kemudian ada negosiasi antara Indonesia dengan pemerintahan Hindia Belanda dan Inggris menjadi mediator.

"Pada saat kemerdekaan selama perang dunia kedua gedung ini diduduki oleh Jepang. Naskah proklamasi didiskusikan di gedung ini. Setelah itu ada negosiasi antara Indonesia dengan Belanda di sini dengan mediator dari Inggris. Jadi gedung ini nmbersejarah untuk Inggris dan Indonesia. Jadi kami memilih untuk menanam pohon lagi untuk merayakan persahabatan," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Anies mengatakan penaman pohon tersebut merupakan salah satu untuk menjaga sejarah.

"Saya meneruskan saja penananaman pohon ini menandai tepat momen ini di lokasi sangat bersejarah kita bertanggung jawab menjaga sejarah bagi generasi penerus kita," tutup Anies.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini