nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melongok Uniknya Buka Puasa di Klenteng Kim Tek Le Glodok

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 18:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 13 338 2055170 melongok-uniknya-buka-puasa-di-klenteng-kim-tek-le-glodok-B9yhuiBeyU.jpg Buka Bersama di Klenteng (Foto: Fahreza/Okezone)

JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi momentum bagi umat beragama untuk mempererat jalinan persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. Mereka menyadari persaudaraan berada di atas segalanya. Sedangkan bulan Ramadan menjadi medium untuk mewujudkannya.

Wihara Dharma Bakti (Klenteng Kim Tek Le) yang berlokasi di kawasan pecinan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, menyediakan ratusan paket berbuka puasa untuk umat Muslim. Paket berbuka puasa ini disediakan dalam rangka menjaga toleransi antarumat beragama.

"Kita umat Buddhis diajarkan welas asih. Jadi harapannya kita menjaga toleransi sesama umat beragama," kata Lucas Tjang, perwakilan umat Wihara Dharma Bakti saat ditemui di lokasi, Glodok, Jakarta Barat, Senin (13/5/2019).

Lucas menuturkan, kegiatan buka puasa gratis di Klenteng Kim Tek Le ini sudah terselenggara kali kedua atau sejak 2018. Ide berbagi kepada sesama ini dicetuskan oleh seorang Muslim Tionghoa bernama Jusuf Hamka.

Baca Juga: Buka Puasa Pertama, Masjid Istiqlal Sajikan Takjil Kurma hingga Ayam Goreng

Klenteng

Jusuf Hamka adalah seorang pengusaha berdarah Tionghoa yang telah menjadi mualaf. Ia juga memiliki warung nasi kuning Podjok Halal khusus untuk fakir miskin dan duafa dengan harga murah.

Lucas menuturkan, panitia pada umumnya menyiapkan 300 hingga 500 paket berbuka puasa. Adapun takjil dan makanan berat yang disiapkan seperti nasi kuning, ikan tongkol, bakwan, mie, sayur nangka, kolak, kacang hijau hingga teh manis.

"Nasi 300 sampai 500 paket, begitu juga dengan takjil," ujar dia.

Umat Muslim yang ingin berbuka puasa, ataupun non-Muslim yang hendak makan bersama di sini dipersilahkan dengan cuma-cuma.

"Yang berbuka di sini mayoritas di sekeliling vihara ini. Begtu juga warga yang lewat bisa mampir berbuka bersama bagi teman yang muslim. Bagi teman non muslim juga bisa berbuka disini. Intinya berbuka bersama," jelas Lucas.

Lucas menambahkan, pendanaan dari kegiatan berbagi ini murni swadaya dari umat Wihara Dharma Bakti yang umumnya berprofesi sebagai pedagang di Tanah Abang, Jatinegara hingga Cipulir. Mereka patungan untuk menyiapkan buka bersama bagi umat Muslim yang berpuasa.

"Kita juga akan membagikan seperangkat alat sekolah kepada kaum duafa yang ada di sekitar wilayah sini," terangnya.

Klenteng

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, sekitar pukul 16.00 WIB para relawan yang juga umat Wihara Dharma Bakti telah berjibaku menyiapkan takjil dan makanan berat untuk umat Muslim yang berbuka puasa.

Kemudian tepat pada pukul 17.45 WIB, masyarakat sudah antre secara rapi di Klenteng tersebut. Relawan selanjutnya menyerahkan paket berbuka itu kepada mereka.

Suhaimi (45), warga di sekitar Klenteng Kim Tek Le, mengaku senang dengan kegiatan ini. Menurut dia kegiatan ini dapat mempererat persaudaraan antarumat beragama.

"Jangan dilihat apa yang diberikannya, tapi lihat ketulusan bapak ibu ini," ujar Suhaimi usai menerima paket berbuka puasa.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini