nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Terungkapnya Pembunuh Wanita di Apartemen Tangerang

Hambali, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 20:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 13 338 2055184 kronologi-terungkapnya-pembunuh-wanita-di-apartemen-tangerang-1wUrUzhLhQ.jpg Agus Susanto, pelaku pembunuhan wanita di Apartemen Habibat, Kelapa Dua, Tangerang (Foto: Hambali)

TANGERANG - Polisi akhirnya berhasil membekuk Agus Susanto (37), pelaku pembunuhan terhadap Sulastri alias Tari (21), wanita yang baru saja dikencaninya di Apartemen Habitat Tower C, Bencongan, Kelapa Dua, Tangerang.

Agus dibekuk tim gabungan di Jalan Panglima Polim Nomor 287, RT02 RW05, Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu 12 Mei, sekira pukul 13.00 WIB. Dia melarikan diri, setelah menghabisi nyawa Sulastri pada Sabtu 11 Mei 2019.

Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, menuturkan, pengungkapan kasus tewasnya korban merupakan tindak lanjut atas keterangan sejumlah saksi, termasuk saksi utama adalah teman dekat atau pacara korban bernama Andra Anjaya (30).

"Korban meninggal akibat adanya bekas luka cekikan dan kekerasan benda tumpul di lehernya, yang diduga dicekik dan diikat pakai tali," ungkap Ferdy kepada Okezone di Mapolres Tangsel, Senin (13/5/2019).

(Baca Juga: Mayat Wanita Bugil Terikat Seprai Gegerkan Penghuni Apartemen di Tangerang

Dijelaskannya, berawal pada Sabtu pagi sekira pukul 09.00 WIB, Andra pergi memancing di empang Tamam Cibodas bersama rekannya. Ketika meninggalkan kamar apartemen, dia memang melihat jika kekasihnya itu masih terlelap di atas tempat tidur.

Kapolres Tangsel 

Kemudian, sekira pukul 17.00 WIB, Tari sempat mengirim pesan Whatsaap kepada Andra bahwa di kamar sedang ada tamu. Andra pun baru membalas pesan itu sekira 40 menit kemudian, namun tak ada respons dari kekasihnya.

"Selanjutnya sekira pukul 19.00 WIB, pacar korban pulang ke kamar apartemen dan melihat pintu dalam keadaan tidak terkunci," kata Ferdy.

Begitu masuk ke dalam, Andra kaget bukan kepalang melihat Tari dalam posisi telanjang bulat ditutupi 2 buah bantal di atas ranjang. Kondisinya cukup mengenaskan, di mana lehernya terjerat sarung bantal, kedua tangan terikat sarung bantal di atas perut. Sedangkan kakinya diikat tali kabel charger.

"Saat saksi berusaha membuka tali jeratan itu, korban sudah dalam keadaan tidak bergerak atau meninggal dunia," ucap Ferdy.

Rupanya pelaku tak hanya menghabisi nyawa gadis cantik asal Pandeglang, Banten, itu. Namun, juga merampas barang-barang berharga miliknya, seperti 2 unit handphone, kalung, gelang, dan cincin emasnya pun ikut raib.

"Selanjutnya saksi melapor kepada petugas apartemen dan Polsek Kelapa Dua," tuturnya.

(Baca Juga: Polisi Tangkap Pembunuh Wanita Bugil di Apartemen Habitat Karawaci

Tak lama kemudian, polisi tiba di lokasi dan langsung melakukan penyelidikan. Petugas gabungan berasal dari Polsek Kelapa Dua, Polres Tangsel dan dibackup oleh Unit II Subdit Jatanras Direktorat Reskrim UM Polda Metro Jaya (PMJ).

"Penyidik melakukan pemeriksaan beberapa orang saksi, termasuk pemeriksaan CCTV yang ada di apartemen. Lalu didapatlah petunjuk, bahwa yang melakukan perbuatan ini diduga adalah orang yang terakhir bertemu dengan korban di dalam apartemen," kata Ferdy.

Dari penyelidikan itu, diketahui bahwa Agus Susanto adalah orang yang terakhir bertemu korban di apartemen. Setelah mengantongi ciri dan identitasnya, petugas segera melakukan pengejaran hingga kemudian berhasil mengamankannya di daerah Cipondoh, Tangerang.

"Dari rekaman CCTV, terlihat jika tersangka datang ke apartemen pukul 18.00 WIB dan keluar dari TKP pukul 19.00 WIB. Tersangka kita amankan di tempat saudaranya," ujar Ferdy. (ari)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini