nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Lebaran 2019, PT KAI Tambah Frekuensi Perjalanan KA Pangrango Rute Bogor-Sukabumi

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 13:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 14 338 2055499 jelang-lebaran-2019-pt-kai-tambah-frekuensi-perjalanan-ka-pangrango-rute-bogor-sukabumi-DIn9ImsXLi.jpg PT KAI Daop 1 tambah frekuensi perjalanan KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi. (Foto : Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

BOGOR – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah frekuensi perjalanan kereta relasi Bogor-Sukabumi dengan menyiapkan KA Pangrango tambahan. Kereta ini disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terlebih jelang musim mudik Lebaran 2019.

"Rata-rata okupansi KA Pangrango pada akhir pekan mencapai 97 persen, sementara hari kerja 86 persen. Kereta ini untuk memudahkan masyarakat dari Bogor ke Sukabumi apalagi jelang musim mudik," kata Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, di Stasiun Bogor, Selasa (14/5/2019).

Dadan menjelaskan, KA Pangrango tambahan ini akan melayani relasi Bogor-Sukabumi sebanyak enam perjalanan setiap harinya dengan kapasitas dan rangkaian sama seperti KA Pangrango umumnya.

KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi. (Foto : Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

"Satu gerbong kelas eksekutif kapasitas 50 tempat duduk dan empat gerbong kelas ekonomi 474 tempat duduk. Harganya juga masih sama. Kelas ekonomi Rp35 ribu dan kelas eksekutif Rp80 ribu. Kereta ini mulai berangkat hari ini dan tiket sudah bisa dipesan di seluruh channel penjualan tiket KAI," ucapnya.

Selain itu, Dadan menambahkan, kereta ini akan ditarik oleh lokomotif jenis CC300 diesel hidrolik buatan PT INKA. Pemilihan lokomotif ini dikarenakan lebih cocok untuk medan pegunungan seperti jalur Bogor-Sukabumi.

KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi. (Foto : Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

"Lokomotif jenis ini lebih cocok untuk jalur pegunungan yang menanjak dan berkelok seperti di jalur ini (Bogor-Sukabumi). Juga CC300 ini lebih mampu menerjang banjir karena batas toleransi tinggi airnya hingga 25 sentimeter," tutur Dadan.

Dengan begitu, PT KAI berharap penambahan KA Pangrango ini dapat meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang melakukan perjalanan Bogor-Sukabumi atau sebaliknya menggunakan jasa angkutan alternatif kereta api.


Baca Juga : Peresmian Tol Pandaan-Malang, Khofifah: Akan Berdampak Luar Biasa

"Kereta ini juga ditujukan bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan Bogor-Sukabumi yang sudah terkenal dengan keindahannya," ucapnya.


Baca Juga : Arus Mudik 2019, 1.000 Truk Logistik Bakal Padati Pelabuhan Tanjung Emas

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini