nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Tak Persoalkan BW Jadi Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi di MK

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 05:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 25 338 2060197 anies-tak-persoalkan-bw-jadi-ketua-tim-hukum-prabowo-sandi-di-mk-v3lFd4D3Mv.jpg Bambang Widjojanto

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tak mempersoalkan Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Pencegahan Porupsi, Bambang Widjojanto (BW) menjadi tim hukum BPN Prabowo-Sandiaga dalam mengawal sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ini adalah hak warga negara. Mereka bukan Aparatur Sipil Negara, sehingga mereka berhak untuk menentukan pilihan politiknya," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Menurut dia, kinerja mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu tak akan terganggu, meski bekerja juga di BPN. Sebab, jangka waktu persidangan di MK itu hanya memakan waktu selama 14 hari.

Gubernur DKI, Anies Baswedan

"Selama bisa menjalankan tugas dengan baik dan tidak ada konflik of interest, Insya Allah enggak apa-apa. Apalagi, ini periode singkat ya. 14 hari itu waktu yang singkat," ujarnya.

Terkait Rikrik yang juga masuk ke dalam anggota hukum BPN, kata Anies, dia sudah tak bekerja di dalam TGUPP. Sebab, yang bersangkutan sudah tak lagi bekerja sebagai pembantunya, sejak Desember 2018 lalu.

"Pak Rikrik itu sudah tidak menjadi TGUPP karena masa kerjanya selesai. Masa tugasnya satu tahun ada pengangkatannya, bertugas dari Januari hingga Desember. Kan melakukan harmonisasi regulasi, dan prosesnya satu periode, sesuai itu selesai tugasnya," ujarnya.

(Baca Juga: 8 Advokat Ini Dampingi Prabowo-Sandi Gugat Hasil Pilpres di MK)

Sebelumnya, Koordinatoor Juru BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzhar Simanjuntak menilai penunjukkan BW sebagai ketua tim kuasa hukum Prabowo untuk melakukan gugatan hasil Pemilu 2019 ke MK keputusan yang tepat.

Menurutnya, Bambang memiliki pengalaman dan kapasitas yang mumpuni, terlebih dirinya juga pernah menjadi pengacara di MK.

"Karena posisi mas BW ini sangat tepat memimpin tim ini, apalagi Mas BW sering sekali sebelum jadi pimpinan KPK itu juga pengacara di MK, bahkan hampir semua, sebagian besar yang didampingi Mas BW di MK itu menang," kata Dahnil di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini