nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Suasana Car Free Day Pertama Pasca-Rusuh 22 Mei di Jakarta

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 26 338 2060505 begini-suasana-car-free-day-pertama-pasca-rusuh-22-mei-di-jakarta-4hFLgbQ4Zf.jpg Suasana car free day di Bundaran HI, Jakarta pasca-rusuh 22 Mei (Rizky Pradila/Okezone)

JAKARTA – Jakarta tetap memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) selama Ramadan 1440 Hijriah. Namun, CFD di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, Minggu (26/5/2019), tak seramai biasanya.

Ini adalah car free day pertama setelah aksi massa 21-22 Mei di Jakarta. Demo memprotes kekalahan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 itu berlangsung rusuh; delapan orang tewas, ratusan luka-luka, sejumlah fasilitas umum rusak.

Pantauan Okezone di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) hanya beberapa warga beraktivitas menikmati hari bebas kendaraan itu. Mereka ada yang berolahraga dengan lari-lari, ada juga yang sekadar jalan-jalan.

Pemandangan ini berbeda dengan CFD pada Minggu-Minggu di luar Ramadan yang biasanya kerap dipenuhi warga, membawa berkah bagi para pedagangan asongan meraup rezeki.Car free day

Bundaran HI saat CFD (Rizky/Okezone)

Seorang pedagang pakaian yang berada di Bundaran HI, Devi mengakui, CFD hari ini sepi. Ia sudah mangkal sejak pagi tapi minim pembeli.

Menurutnya ada dua faktor sepi CFD Minggu ini; pertama karena bertepatan dengan Ramadan di mana banyak orang berpuasa, kedua dipengaruhi rusuh aksi 22 Mei lalu yang lokasinya juga masuk area CFD yakni Jalan MH Thamrin sekitar Gedung Bawaslu RI.

"Dari pagi saya jualan udah sepi kaya gini. Lagi pula kan ini bulan puasa itu pengaruh, ditambah sama aksi ricuh kemarin," ucapnya.

(Baca: Kumpulan Berita Kerusuhan saat Aksi 21-22 Mei di Jakarta)

Devi mengatakan pada CFD Minggu lalu juga sama sepinya. Kondisi itu diperkirakannya akan terus terjadi hingga lebaran. "Minggu depan paking lebih sepi mas karena kan orang udah pada mudik," paparnya.Car free day

Selain pengunjung dan para pedagang terlihat pula puluhan petugas kepolisian satuan Brimob dan TNI tengah berjaga di lokasi. Adapun ruas jalan di Bundaran HI yang mengarah ke Bawaslu kini sudah dibuka setelah sempat ditutup sebelumnya karena ada aksi demo massa pro Prabowo-Sandi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini