nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Prediksi Puncak Mudik Terjadi pada H-4 Lebaran

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 27 Mei 2019 20:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 27 338 2061021 pemprov-dki-prediksi-puncak-mudik-terjadi-pada-h-4-lebaran-0LN94XtANh.jpg

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran atau tepatnya Sabtu, 1 Juni 2019 mendatang. Dalam mengakomidir pemudik, Pemprov DKI menyediakan 2.609 bus yang tersebar di terminal yang berada di beberapa wilayah Ibu Kota.

"Kami telah mempersiapkan dari awal bulan lalu. Khususnya untuk uji kelaikan bus yang telah disusul ramp check. Ada sekitar 2.609 bus yang kami siapkan untuk angkutan lebaran tahun ini," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko saat dikonfirmasi, Senin (27/5/2019).

Sigit menyebut, 2.609 bus itu terinci dari 2.404 bus reguler dan 205 bantuan yang terdiri dari 160 bus pariwisata dan 45 bus kota. Sedikitnya ada delapan terminal terminal yang disiapkan untuk angkutan lebaran. Empat diantaranya menjadi terminal utama, yaitu Terminal Terpadu Pulogebang, kalideres, Kampung Rambutan, dan Tanjung Priuk.

Ilustrasi Mudik (Okezone)

"Sisanya terminal bantuan, yaitu Muara Angke, Grogol, Pinang Ranti, Rawamangun," katanya.

Sigit memastikan, seluruh armada sudah melalui proses uji kelaiakan dengan menurunkan sejumlah alat dan petugas dari tempat Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Jakarta.

Sedikitnya, kata dia, ada delapan komponen yang diperiksa, yakni fungsi rem; fungsi sistem lampu, fungsi sistem penerus daya; fungsi sistem gas buang; kondisi body, kaca dan sebagainya; fungsi indikator dan dashboard; kondisi roda, ban, wiper, klakson; dan alat tanggap darurat.

"Armada yang mendapat stiker uji kelaiakan dari daerah lain tapi tidak layak setelah di tes kami kembalikan dan tidak boleh beroperasi," kata sigit.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini