Pemprov DKI Gelontorkan Rp14 Miliar untuk Program Mudik Gratis

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 30 Mei 2019 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 30 338 2062170 pemprov-dki-gelontorkan-rp14-miliar-untuk-program-mudik-gratis-koMBXl8LgV.jpg Program mudik gratis. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan dana yang digelontorkan untuk program mudik gratis mencapai Rp14 miliar. Anggaran itu untuk membiayai penumpang sebanyak 17.427 orang pergi ke kampung halaman.

"Di DPA (dokumen pelaksanaan anggaran) APBD, kita ada anggaran sekitar Rp14 miliar. Pulang-pergi," kata Sigit saat pelepasan warga yang mengikuti program Jakarta Mudik Bareng di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2019).

(Baca juga: Berangkatkan 17 Ribu Pemudik, Anies: Ajang Silaturahmi Jangan Sibuk dengan Gawai)

Sigit menjelaskan, wilayah yang menjadi tujuan pemudik itu tersebar di 10 wilayah Pulau Jawa, yakni Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Kebumen, Semarang, Surakarta, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang.

Mudik gratis oleh Pemprov DKI Jakarta. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Menurut dia, saat arus balik dari program Pemprov DKI ini akan terjadi penurunan penumpang sekira 30 persen. Hal itu dikarenakan jam masuk kerja masing-masing pemudik tidak sama.

"Jadi yang kita siapkan ada penurunan 30 persen dari arus mudik. Mudiknya 17 ribu, baliknya kita kurangi 30 persen," ujar Sigit.

(Baca juga: Tak Gelar Operasi Yustisi Usai Lebaran, Anies: Jakarta Milik Seluruh Indonesia)

Ia menambahkan, ketika mendaftar program mudik bersama ini, pemudik bisa memilih perjalanan pulang ke kampung langsung kembali ke Jakarta atau hanya mengikuti pulang kampung tanpa balik ke Jakarta. Salah satu syarat yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang memiliki KTP DKI.

"Karena untuk pertama dan prioritasnya adalah yang ber-KTP DKI. Kita menyasar warga rusun dulu. Itu yang kita prioritaskan, tapi enggak menutup kemungkinan yang lain. Memang dominannya dari warga rusun untuk tahun ini," kata dia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini