nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebaran di Taman Mini Indonesia Indah Serasa Pulang Kampung

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 02 Juni 2019 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 01 338 2062929 lebaran-di-taman-mini-indonesia-indah-serasa-pulang-kampung-Ymho6pO8oV.jpg Salah satu sudut Taman Mini Indonesia Indah (Sarah/Okezone)

SIAPA tak kenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Destinasi di Jakarta Timur ini menjadi daya pikat buat warga Tanah Air maupun mancanegara. Tiap hari selalu ramai dikunjungi, tak kecuali saat libur lebaran.

Ada begitu banyak miniatur kekayaan budaya dan alam Indonesia ditampilkan di TMII, dari rumah adat, alat-alat tradisional, kuliner, flora-fauna, kesenian daerah dan lainnya. Aneka wahana hiburan juga ada.

Nah, bersamaan momentum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, pengelola TMII menghadirkan sesuatu yang diharapkan dapat mengobati rasa rindu bagi warga yang tak mudik ke kampung halaman. Ini khusus saat pekan Lebaran 2019.

"Pekan lebaran itu dimulai pada 5 sampai 23 Mei, kita punya tema Lebaran di Taman Mini Serasa Pulang Kampung," ujar Dwi Atmojo, Ketua Pekan Lebaran TMII kepada Okezone.

 TMII

Selain akan bisa melihat rumah-rumah adat dari daerah masing-masing, TMII juga menyuguhkan kesenian budaya dan sajian kuliner dari setiap daerah di Indonesia kepada pengunjung.

“Paling tidak mengobati rasa kangen terhadap kampung halaman," kata.

TMII juga menyediakan panggung musik genre pop, dangdut hingga rock.

"Untuk mengobati rasa kangen orang-orang dari daerahnya, kita juga ada hiburan-hiburan seperti Taman Legenda, Snowbay, kemudian Sky World, itu yang bernuansa hiburan. Kemudian menaiki transportasi yang ada, misalnya kereta gantung atau kereta mini," tutur Dwi.

 TMII

Tapi, khusus saat pekan lebaran, pengunjung harus merogoh kocek lebih dalam saat bertandang ke TMII, karena pengelola menaikan harga tiket masuk dari semula Rp20 ribu di hari biasa menjadi Rp25 ribu.

"Kita target dari tanggal 5 sampai 23 Mei kita harapkan dan optimis mencapai 500 ribu pengunjung, karena tahun kemarin 2018 kita 400 ribu tercapai," kata Dwi.

 Wisata Lebaran

Sedikitnya 1.000 personel kepolisian diterjunkan untuk pengamanan di TMII pada pekan lebaran. Pengelola juga sudah menyiapkan sejumlah kantong parkir sebagai antisipasi membeludaknya pengunjung.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini