nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal-Usul Nama Kawasan Cawang di Jakarta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 12:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 03 338 2063336 asal-usul-nama-kawasan-cawang-di-jakarta-aewwCjYeL7.jpg (Foto : Arif Julianto/Okezone)

CAWANG merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Pemberian nama Cawang sendiri memiliki sejarah.

Dalam buku Zaenuddin HM berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” nama Cawang konon berawal dari nama seorang Letnan Melayu yang mengabdi pada kompeni. Letnan itu bernama Enci Anwar.

Jalan Tol (Dok Okezone)

Namun, oleh penduduk sekitar, ia dipanggil Enci Awang. Letnan Enci Awang adalah bawahan Kapten Wan Abdul Bagus, yang bersama pasukannya bermukim di Kampung Melayu, sebelah selatan Jatinegara.

Namun, nama Enci Awang lambat laun berubah menjadi C’Awang. Nama itu pun kini dijadikan nama kelurahan di Kecamatan Kramat Jati.  

Namun, ada pendapat lain yang menyebut asal-usul penamaan “Cawang”. Pendapat itu menyebut Cawang berasal dari keberadaan cawan raksasa sebelum Belanda datang ke Pulau Jawa. Lama-kelamaan, cawan raksasa itu berubah menjadi daerah yang sekarang bernama Cawang.

Cawan raksasa ini bisa terlihat dari kontur geografis kawasan tersebut yang menyerupai cawan, mulai Jalan MT Haryono ke Jalan Dewi Sartika terdapat cekungan yang cukup dalam layaknya sebuah cawan.

Ilustrasi jalan tol (Dok Okezone)

Cerita ini memang sulit dinalar logika. Namun, warga sekitar percaya cerita asal usul Cawang yang berasal dari Cawan, menjadi cerita yang mengilhami lahirnya kawasan yang menjadi langganan macet maupun banjir jika musim hujan tiba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini