nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angka Kriminalitas di Tangsel Turun Selama Ramadan

Hambali, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 03 338 2063367 angka-kriminalitas-di-tangsel-turun-selama-ramadan-E8EyFw94bS.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TANGERAN SELATAN - Ramadan 1440 Hijriah segera berakhir dalam hitungan hari. Bulan suci bagi umat Islam itu tak hanya melatih tingkat keimanan untuk yang menjalankan, tapi juga mampu menekan perilaku-perilaku negatif. Khususnya bagi tindak kejahatan dan kriminalitas.

Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, menuturkan, dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, maka pada ramadan kali ini bisa disimpulkan bahwa angka kriminalitas mengalami penurunan.

"Kalau kita bicara data sepertinya (Ramadan) tahun ini ada penurunan ya," katanya kepada Okezone di Mapolres Tangsel, Senin (3/6/2019).

Menurut Ferdy, data laporan yang dia terima menunjukkan bahwa untuk beberapa kasus menonjol kian berkurang. Bahkan beberapa wilayah yang dianggap rentan praktik kriminalitas di malam hari seperti Ciputat, Pondok Aren, Serpong, dan Pamulang, kini terpantau kondusif.

"Berdasarkan laporan, dibanding tahun lalu kejadian menonjol itu cukup berkurang untuk Ramadan tahun ini. Termasuk untuk kejadian kejahatan di malam hari, belum ada," kata Ferdy.

Ilustrasi Shutterstock

Dijelaskan Ferdy, beberapa kasus yang menonjol sebelum Ramadan misalnya seperti aksi tawuran remaja maupun pelajar jumlahnya menurun drastis. Meskipun beberapa waktu lalu sempat terjadi aksi gesekan antar dua kelompok remaja di Jalan Ki Hajar Dewantara, Ciputat.

"Tawuran bisa dikatakan tidak ada, kejadian-kejadian yang sifatnya menonjol belum ada," jelasnya.

Dikatakan dia, guna mengantisipasi gangguan keamanan selama Ramadan dan perayaan lebaran Idul Fitri 1440 hijriah ini, maka jajarannya disiagakan selama 24 jam penuh. Mendukung itu, Ferdy meniadakan cuti hari raya bagi anggotanya hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Cuti tidak ada. Kecuali setelah selesai salat 'Ied, jadi buat anggota yang tinggal di dekat-dekat Jakarta itu bisa lapor ke komandannya. Tapi kalau cuti resmi tidak ada," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini