Anies Perkirakan 71 Ribu Pendatang Serbu Jakarta Usai Lebaran

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 03 Juni 2019 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 03 338 2063405 anies-perkirakan-71-ribu-pendatang-serbu-jakarta-usai-lebaran-EI8PG3NEex.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memprediksi sekira 71 ribu pendatang akan menyerbu wilayah Ibu Kota usai libur lebaran 2019 nanti. Menurut dia, tahun ini angka pendatang akan meningkat, karena berdasarkan data Dinas Dukcapil setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah penduduk.

Anies menuturkan, tahun lalu angka pendatang baru yang masuk ke Ibu Kota setelah lebaran mencapai 69 ribu orang.

"Tahun lalu jumlah pemudik itu 5.865.000 kemudian arus baliknya 5.934.000, selisihnya 69 ribu, tapi angka selisihnya itu dari tahun ke tahun tidak beda banyak. Kalau proyeksi kira-kira sekitar 71 ribu, dibandingkan tahun lalu 69 ribu," kata Anies di Kalideres, Jakarta Barat, Senin (3/6/2019).

Ilustrasi

Ia berharap setiap warga yang ingin mengadu nasib di Ibu Kota harus memiliki keahlian, sehingga tidak luntang-lantung saat mereka tiba di Jakarta.

"Kalau dulu lapangan pekerjaan memang terkonsentrasi di DKI, sekarang ada banyak tempat lapangan kerja, jadi kita berharap itu akan terjadi," katanya.

Eks mendikbud itu menyatakan, pihaknya tak akan pernah melarang pendatang pergi ke Jakarta. Sebab, seluruh warga negara itu diberi kebebasan untuk bergerak melangkah kemana saja, asalkan tidak melanggar hukum.

"Kita tidak melakukan operasi penangkapan-penangkapan karena memang tidak perlu ada yang ditangkap, semuanya warga negara Indonesia yang berhak untuk bergerak kemana saja selama mereka berada di wilayah Indonesia," ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini