nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ambil Uang dari Pecinya, Anies Bagi-Bagi THR ke Anak-Anak

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 10:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 05 338 2063831 ambil-uang-dari-pecinya-anies-bagi-bagi-thr-ke-anak-anak-bT1HL7yXuk.jpg Anies bagi-bagi THR ke anak-anak (Foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjalankan salah satu tradisi Idul Fitri, yakni membagi-bagikan uang kepada anak-anak kecil. Hal itu dilakukannya usai menjalankan salah Id di halaman Balai Kota.

Mantan Menteri Pendidikan dan Budaya ini membagikan uang dalam pecahan Rp50 ribu kepada setiap anak. Uniknya, uang yang dibagikan Anies Baswedan diambil dari peci yang dipakainya.

"Iya lumayan, yang jelas di peci sudah habis. Satu anak saya kasih Rp50.000. Di peci tadi ada 12, habis, terus distok lagi. Untung ada ajudan bawa stok," ujar Anies Baswedan di kawasan Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019).

Anies Salat Id di Balai Kota (Foto: Antaranews)

(Baca Juga: Jokowi dan Keluarga Rayakan Lebaran di Solo & Yogyakarta)

Anies menceritakan kalau uang yang berasal dari pecinya merupakan tradisi yang dilakukan oleh ayahnya. Dikarenakan setiap baju koko tidak memiliki kantong, maka ayahnya menyimpan uang yang akan dibagikan di dalam peci.

"Itu tradisi sejak kecil bapak saya dulu bagi-bagi uang. Kalau lebaran ayah selalu menyiapkan uang baru, dan dibagikan ke anak-anak. Dan biasanya kalau punya baju koko itu enggak punya kantong, jadi selalu peci untuk tempat uang," paparnya.

Ia mengatakanm kalau uang juga selalu disediakannya di dalam mobil jikalau berpapasan dengan anak-anak nanti dalam perjalanan. Namun, ia menyebutkan pecahan uang di dalam mobilnya bervariasi.

"Kalau yang salaman saja, saya kalau lagi jalan di mobil telah kita siapin. Jadi kalau jalan papasan sama anak pas lebaran, biasa bagi uang lebaran, jumlah bervariasi yang penting bukan pada jumlahnya yang penting barunya," tutur Anies sembari tersenyum.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini