nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Imbau Masyarakat Tak Swafoto di Tengah Jalan Protokol

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 07 Juni 2019 12:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 07 338 2064243 polisi-imbau-masyarakat-tak-swafoto-di-tengah-jalan-protokol-aCIp7wjz0k.jpg Jakarta Lengang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat tidak berswafoto di tengah jalan protokol Ibu Kota yang lengang di hari libur Lebaran. Pasalnya itu dapat menimbulkan bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Maka seyogyanya tidak menggunakan jalan untuk kegiatan di luar fungsi karena dapat mengakibatkan kejadian yang dapat mebimbulkan fatalitas bagi dirinya maupun bagi orang lain," ujar Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir kepada wartawan, Jumat (7/5/2019).

Nasir menjelaskan, melakukan swafoto di tengah jalan protokol sangat tidak elok. Karenanya, ia mengimbau masyarakat dapat berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan tersebut.

“Memang itu tidak elok, tapi sebelum melakukan itu masyarakat harus berpikir dulu. Bisa tidak menjamin keselamatan diri dan orang lain,” ucapnya.

Jakarta

Baca Juga: Kecelakaan Lalu Lintas saat Mudik Menurun: 97 Orang Meninggal 71 Luka Berat

Nasir menambahkan, jalanan protokol Ibu Kota yang tidak padat seperti biasanya bukan berarti bebas dari bahaya. Menurut dia, jalanan yang lengang pada umumnya memancing pengendara untuk memacu kendaraanya lebih kencang.

"Seperti misalnya orang lagi melaju sekitar 60 km per jam. Lalu tiba-tiba ada orang (lagi foto di tengah jalan), itu kan beresiko sekali,” imbuh dia.

Nasir mengatakan fungsi jalan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 adalah sebagai lalu lintas bagi kendaraan bermotor maupun kendaraan tidak bermotor serta pejalan kaki. Di luar itu maka bukan fungsi jalan.

"Fungsi jalan yaitu sebagai lalu lintas bagi kendaraan bermotor, kendaraan tidak bermotor seperti sepeda atau gerobak, dan pejalan kaki. Di luar itu bukan merupakan fungsi jalan. Oleh karena itu bila ingin menggunakan jalan secara permanen di luar fungsi tersebut maka harus mendapatkan izin dari stake holder termasuk Polri," pungkas dia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini