nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Air Mata Narapidana Tumpah di Rutan Depok Kala Bertemu Keluarga

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Jum'at 07 Juni 2019 15:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 07 338 2064308 ketika-air-mata-narapidana-tumpah-di-rutan-depok-kala-bertemu-keluarga-n3bZm2a0C3.jpg Narapidana Rutan Depok saat berjumpa dengan keluarga (foto: Wahyu/Okezone)

DEPOK - Sebanyak 1.600 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) nampak larut dalam tangis dan pelukan hangat bersama keluarga besar, saat merayakan Hari Raya Iedul Fitri 1440 H di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Air mata mereka pun tumpah membasahi pipi ketika orang tua serta sanak keluarga datang mengunjunginya, bibir mereka terus bergetar seraya mengucapkan takbir.

Dimulai sejak pagi hari sekira pukul 08.00 WIB sejumlah pengunjung mulai ramai berdatangan, tak lupa makanan serta pakaian dibawa untuk keluarga yang berada dibalik jeruji, sebelum bisa bertemu dengan WBP petugas sipir terlebih dahulu melakukan pemeriksaan secara ketat ke seluruh pengunjung yang datang.

Di portir, barang bawaan tidak satu pun yang luput dari pemeriksaan Xray dan pemeriksaan secara manual.

"Saya mau mengunjungi anak saya di dalam rutan, tadi sudah antri mau masuk saja diperiksa ketat, tapi emang harus gitu. Saya datang sama istri, pagi ini udah padat banget gimana dateng siang," kata Rahmat Susilo pengunjung Rutan, Jumat (7/6/2019).

 Narapidana Depok

Rahmat merupakan salah satu pengunjung dari ribuan orang yang datang, sejak hari pertama lebaran Iedul Fitri 2019. Air mata Rahmat dan istrinya Wulan tak bisa terbendung ketika anaknya Faisal menjadi Narapidana kasus Narkotika 2016 silam.

Meskipun tiap tahun berlebaran di penjara Faisal selalu menangis saat gema takbir berkumadang, dia selalu berharap kedua orangtuanya datang mengunjungi di dalam rutan.

"Alhamdulillah orang tua saya masih peduli karena ini tahun ke 3 saya di penjara. Mereka datang juga saya memang mengharapkan mereka datang. Saya suka nangis dikamar pas malam takbir saya berdoa agar orang tua sehat dan bisa kunjungan," ucap Fisal sambil mengusap air mata.

Tak hanya Faisal, WBP lainya Rizky juga terlihat menangis dia terharu ketika sang Ayah tercinta Kelvin dan ibunda Ningsih datang membawakan pakaian dan makanan. Dia mengaku kedatang orang tua dihari yang Fitri ini sangatlah istimewa

"Sedih dan terharu mereka mau gimana pun tetap orang tua saya, kedatangan orang tua saat lebaran sudah pasti saya tunggu mungkin gak hanya saya tapi ribuan Napi menunggu kunjungan," tutur Rizky.

Sementara, disela kunjungan keluarga narapidana, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjen) Kemenkum dan HAM RI, Ibnu Chuldun, dan Kapolsek Sukmajaya Kompol IGN Bronet Ranapati ikut berkunjung dan hadir di tengah keluarga narapidana. Mereka ikut bercengkrama bersama memberikan dukungan.

 Penjara

Selain itu dalam kunjungannya, Ibnu Chaldun secara khusus langsung memberikan pengarahan terhadap jajaran pejabat dan petugas Rutan Depok, dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan memberikan pelayanan terbaik terhadap WBP.

"Kita harus memfasilitasi dan memberikan pelayanan kunjungan khusus lebaran kepada warga binaan dan keluarga warga binaan dengan memberikan ruang dan waktu terkait kunjungan pada Hari Raya Idul Fitri," kata Ibnu Chuldun, di Rutan Depok.

Diantaranya menanyakan bagaimana pelayanan para petugas Rutan Depok terhadap WBP dan keluarga yang membesuk.

"Alhamdulillah pelayanan disini sudah bagus dan rapi prosedurnya pak, dari saat mendaftar, mendapat nomor kunjungan sampai ketemu dengan suami yang ditahan disini," kata Wulan Novianti, seorang pengunjung warga Cipayung, Depok, yang disapa Ibnu.

Menurut Ibnu, pelaksanaan kegiatan kunjungan ini bertujuan pengawasan dan mengantisipasi situasi kondisi gangguan keamanan dan ketertiban, khususnya dalam pelaksanaan pengamanan kegiatan kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 di Rutan Kelas IIB Depok.

Sementara itu, Kapolsek Sukmajaya Kompol. Ing. Bronet Ranapati, memberikan atensi terhadap pengamanan dan ketertiban kunjungan di Hari Raya Idul Fitri 1440 H, yang berlangsung dengan aman dan tertib.

Pelaksanaan kegiatan kunjungan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Ibnu Chaldun dan Kapolsek Sukmajaya, Kompol IGN Bronet Ranapati, didampingi Kepala Rutan Depok, Bawono Ika Sutomo, dan para pejabat struktural Rutan Depok, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Puang Dirham, Kepala.Subsi Pelayanan Tahanan, Boy Guntur Sagara dan Kepala Subsi Pengelolaan, Bambang Punto.

Data pengunjung di Rutan Depok, hari pertama mencapai 1.678 dengan rincian pengunjung pria 536 orang, pengunjung wanita 779 orang, anak-anak 364 anak, dan WBP yang dikunjungi 465 orang WBP.

Sementara pengunjung di hari kedua Iedul Fitri mencapai 2.238 dengan jumlah pengunjung pria 754 orang, pengunjung wanita 968 orang, anak-anak 516 anak dan jumlah WBP yang dikunjungi 551 orang WBP.

Kegiatan pengamanan kunjungan Hari Raya Iedul Fitri di Rutan Depok, melibatkan jajaran TNI dan Polri serta seluruh petugas Rutan Depok, terlaksana dengan aman, tertib dan kondusif.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini